Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik
04 Oktober 2018
Admin
Bagikan
Kalau masih ada yang mengatakan, mobil bertransmisi matik tidak bisa didorong-dorong saat parkir paralel, sebaiknya Anda jangan langsung percaya. Terlebih jika mobil-mobil matik keluaran baru. Kenapa? Karena banyak pabrikan yang sudah menyematkan tombol shift lock pada sistem transmisinya. Tombol shift lock tersebut letaknya cukup tampak dan biasanya ada di sekitar tuas transmisi.
Apa Fungsi dari Tombol Shift Lock?
Baca Juga : Balancing Pelek Motor, Seberapa Penting Hal Ini Dilakukan?
Fungsi dari tombol tersebut adalah supaya posisi transmisi mobil bisa dipindahkan dari P ke N (netral). Hal ini sudah pasti akan lebih memudahkan dan membantu sekali saat pemilik mobil ingin memarkirkan kendaraannya pada formasi paralel.
Jadi saat kendaraan menutup mobil lain yang akan keluar dari area parkir, petugas bisa dengan mudah memindahkannya, karena roda-roda mobil dalam keadaan tidak terkunci. Mekanisme dari shift lock kurang lebih adalah setelah pengemudi sudah memindahkan tuas transmisi ke posisi P, lalu mematikan mesin. Baru kemudian tekan tombol shift lock dan selanjutnya geser kembali transmisi ke posisi N.