Tips & Trik

Agar Tetap Nyaman, Selalu Ingat Jadwal Spooring dan Balancing Roda Mobil Anda

PUBLISHED DATE : 27 Januari 2024

Agar Tetap Nyaman, Selalu Ingat Jadwal Spooring Dan Balancing Roda Mobil Anda

Agar kenyamanan dalam berkendara tidak hilang, penting bagi Anda untuk mengingat kapan waktu melakukan spooring dan balancing. Tanpa itu, kaki-kaki roda mobil bisa saja mulai aus yang membuat Anda tidak lagi nyaman dalam berkendara. 

Apa itu Spooring dan Balancing?

Spooring and balancing adalah kegiatan yang dilakukan montir untuk menyetel komponen roda agar bisa kembali seimbang dan menapak sempurna di jalan. Biasanya ini dilakukan ketika setelan roda sudah mulai kendor atau aus. 

Setelan roda akan aus ketika mobil sering dipakai untuk aktivitas sehari-hari dalam jangka waktu lama, tanpa pernah dilakukan pengecekan maupun spooring. Bisa juga itu terjadi ketika mobil sering melewati lubang maupun jalan rusak dengan kecepatan tinggi. 

Nah, fungsi dari spooring and balancing adalah untuk mengembalikan agar setelan roda mobil kembali ke angka yang sudah dianjurkan oleh pabrik. 

Biasanya, montir akan menggunakan alat khusus untuk spooring, yang mana didalamnya sudah tercatat data setelan roda dari masing-masing jenis mobil. Dengan begitu, kondisi roda akan kembali semula dan kenyamanan saat mengendarainya tidak akan hilang. 

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Spooring dan Balancing?

Dari bengkel resmi, pasti akan menganjurkan Anda untuk melakukan spooring dan balancing setiap 20.000 kilometer. Dengan catatan, kegiatan harian Anda hanya berkutat di area kota dan melewati jalanan yang mulus, tanpa ada yang rusak atau berlubang. 

Berbeda ketika mobil Anda sering digunakan untuk melewati jalanan yang rusak, berlubang, atau berkerikil, keausan ban mobil akan terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, segera lakukan spooring setiap 10.000 km atau lebih. Bisa juga Anda melakukan spooring setiap 6 bulan. 

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

Ingat, sebelum spooring, pastikan Anda sudah melakukan balancing di keempat roda agar keseimbangannya terjaga. 

Ketika melakukan spooring and balancing, berpatokan pada kilometer dan waktu yang dianjurkan saja tidak cukup. Sebab, ketika dirasa kondisi roda sudah mulai bergetar dan tidak nyaman, segera lakukan pengecekan ke bengkel agar lebih aman saat berkendara. 

Tanda-tanda Mobil Sudah Harus Spooring dan Balancing

Selain mengetahui kapan jadwal untuk melakukan spooring and balancing, Anda juga perlu mengingat tanda-tandanya. Inilah tandanya: 

  • Stir Mulai Bergetar Waktu Berkendara

Tanda yang paling mudah dikenali ketika mobil sudah waktunya untuk melakukan spooring and balancing adalah stir mulai bergetar. Nah, perhatikan dan rasakan bagaimana kondisi stir mobil Anda saat berkendara. 

Saat stir mulai terasa bergetar, artinya ada yang bermasalah pada ban mobil di bagian depan. Segera lakukan pengecekan ke bengkel terdekat untuk memastikan keadaan mobil dan stir, kemudian segera lakukan spooring

  • Mobil Berbelok Sendiri Sewaktu Melaju Lurus

Hati-hati dengan tanda nomor dua ini. Ketika Anda merasa mobil sudah mulai berbelok dengan sendirinya padahal kondisi sedang melaju lurus, maka segera hentikan mobil dan segera lakukan spooring dan balancing

Kondisi mobil yang seakan berbelok sendiri, itu bisa saja disebabkan karena setelan roda sudah mulai aus. Baik roda bagian depan maupun belakang. Maka, segera lakukan balancing untuk mengembalikan keseimbangannya. 

Jangan sampai Anda menganggap remeh tanda nomor dua dan mengabaikannya. Sebab, dapat berakibat fatal yang membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang. Jadi, waspadalah!

  • Muncul Benjolan di Bagian Ban

Bila sudah lama digunakan, ban mobil bisa saja mengalami keausan. Tandanya, mulai muncul benjolan atau ban sudah menipis. 

Ketika ban aus, kenyamanan berkendara sudah pasti akan berkurang. Terlebih saat melewati jalanan bergelombang maupun lubang. 

Benjolan yang muncul pada ban, bisa juga menjadi pertanda jika sistem suspensi pada mobil sedang bermasalah. Maka, segera lakukan pengecekan. 

Bila perlu, anda bisa melakukan spooring dan balancing untuk mengembalikan kondisi ban seperti semula. Berkendara pun akan terasa lebih nyaman dan aman. 

  • Stir Mobil Mulai Terasa Berat

Tanda keempat, berhubungan dengan stir mobil. Ketika stir mulai terasa berat, susah untuk digerakkan, atau bahkan stir tidak akan kembali pada posisi semula setelah diputar, itu artinya ada masalah pada roda mobil. 

Langkah terbaik untuk mengatasinya, sudah pasti dengan spooring dan balancing. Namun, usahakan untuk melakukan pengecekan secara menyeluruh terlebih dahulu sebelum melakukannya. 

Dengan begitu, perbaikan akan lebih maksimal dan kendaraan bisa digunakan dengan aman kembali. 

  • Terasa Adanya Goncangan Saat Berbelok

Sewaktu berbelok di jalan lurus, apakah Anda merasakan adanya guncangan pada mobil? 

Ketika Anda merasakan guncangan meskipun hanya sedikit saja, itu artinya ada yang tidak beres dengan kondisi ban mobil Anda. Solusinya, tentu dengan melakukan perawatan spooring dan balancing di bengkel langganan. 

Sebab, guncangan yang timbul saat berbelok bisa saja disebabkan karena keempat roda tidak lagi di posisi yang seimbang. Bisa jadi ada yang sudah mulai keluar dari jalur. Jadi, jangan abaikan ketika merasakan guncangan sewaktu berbelok di jalanan yang lurus. 

  • Keseimbangan Kendaraan Mulai Menghilang

Baca Juga : Berbeda, Ini Pengertian Horse Power dan Torsi

Bila lalai dalam melakukan spooring dan balancing, keseimbangan kendaraan akan terganggu yang mana itu membahayakan keselamatan penumpang. Terutama ketika Anda melaju dengan kecepatan tinggi. 

Tanda yang bisa Anda rasakan ketika keseimbangan mobil bermasalah adalah mobil seakan berjalan miring padahal di jalanan lurus yang normal. 

Saat Anda merasakan tanda tersebut, segera lakukan balancing untuk mengembalikan keseimbangan roda mobil. Setelahnya, atur setelan komponen roda dengan spooring.

  • Roda Mobil Belakang Tidak Sejajar dengan Roda Bagian Depan

Untuk mengetahui apakah keempat roda sudah dalam posisi sejajar atau tidak, caranya cukup mudah. Saat parkir, Anda bisa mengambil jarak beberapa meter ke belakang. Kemudian, amati posisi keempat roda, terutama di bagian belakang. 

Bila posisi roda belakang sudah tidak lagi sejajar dengan roda depan, tandanya ada masalah dengan ban mobil Anda. Itu sudah pasti akan merusak keseimbangan mobil saat berkendara. 

Cara kedua untuk mengetahui ban mobil sudah tidak lagi sejajar adalah memperhatikan keadaan mobil saat diparkir di tempat datar. Jika mobil terlihat seperti miring ke samping kanan atau kiri, berarti ada masalah dengan salah satu ban bagian belakang atau depan. 

Maka, segera lakukan balancing untuk mengembalikan posisinya dan spooring agar setelan kembali ke pengaturan pabrik. 

Ketujuh tanda tersebut sangat penting untuk Anda perhatikan. Sebab, lalai dalam melakukan spooring dan balancing, bukan hanya kenyamanan yang hilang tetapi juga keselamatan penumpang. Karena itu, pastikan untuk selalu mengecek kilometer kendaraan dan mencatat kapan jadwal untuk melakukan spooring selanjutnya. 

Agar tidak lupa, Anda bisa memasukkan jadwal spooring ke kalender agenda dan membuat alarm reminder. Cara lainnya, lakukan perawatan secara rutin ke bengkel Suzuki untuk melakukan pengecekan ringan dan memastikan mobil dalam kondisi aman dan nyaman untuk berkendara. Dengan begitu, Anda tidak akan pernah terlewat dari jadwal untuk melakukan spooring and balancing.

Berita Lainnya