Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/karburator_mobil.jpg

Bukan hanya motor saja yang memiliki komponen karburator, tetapi juga mobil. Komponen yang satu ini peranannya sangat penting untuk sistem pembakaran. Tanpa karburator tidak akan terjadi pembakaran sempurna dan tenaga tak dapat dihasilkan. 

Fungsi utama karburator pada mobil adalah untuk memberikan suplai bensin dan udara ke ruang bakar sesuai dengan standar. Peranannya yang penting tidak terlepas dari berbagai jenis komponen karburator yang membentuknya. 

Supaya Anda mengenali lebih dalam mengenai karburator, berikut ini akan dijelaskan apa saja komponen beserta fungsinya. 

15 Jenis Komponen Karburator pada Mobil serta Fungsinya 

Baca Juga : Ingat, Rutin Mengecek Ban Kendaraan itu Penting!

Saat ini kebanyakan mobil baru sudah menggunakan sistem injeksi menggantikan komponen karburator. Meskipun begitu masih banyak orang yang memiliki mobil dengan sistem karburator. 

Komponen ini sudah dikenal sejak tahun 1980an dan digunakan secara massal untuk semua jenis mobil. Perannya sangat besar untuk kendaraan dan dibutuhkan perawatan berkala agar setiap komponennya dapat bekerja dengan baik. 

Perlu Anda ketahui jika terjadi kerusakan pada karburator, maka akan mempengaruhi laju kendaraan jadi tidak normal. Selain itu gas buang dari pembakaran juga mengandung terlalu banyak karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca Juga : Begini Ciri-ciri Fuel Pump Mobil Sudah Mulai Lemah

Apa saja komponen karburator dan fungsinya yang perlu dipelajari? Berikut ini penjelasannya. 

  1. Float Chamber/ Ruang Bakar 

Komponen yang perannya sangat besar untuk menciptakan tenaga pada mobil adalah ruang bakar. Karburator memiliki ruang bakar yang fungsinya adalah sebagai tempat pembakaran antara udara, percikan api dari busi dan juga bahan bakar. 

Letak dari ruang bakar adalah pada kepala silinder. Pada saat bahan bakar sudah terisi penuh, maka pelampung akan naik dan menutup katup bakar. Mulai dari sinilah jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan diatur otomatis sehingga tidak terjadi banjir. 

Baca Juga : Kaca Helm Lecet? Coba Lakukan Tips Ini!

Komponen karburator mobil ini harus bebas dari kerak atau kotoran yang terbawa oleh bahan bakar dan udara. Oleh karena itulah sebelum udara maupun bahan bakar masuk ke sini harus melalui filter terlebih dahulu, sehingga kualitasnya terjamin. 

    2. Floater/ Pelampung

Pelampung adalah komponen karburator yang sangat penting karena menentukan apakah akan terjadi banjir atau tidak. Cara kerja dari pelampung adalah mengikuti ketinggian dari bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. 

Pada saat bahan bakar sudah penuh maka jarum pelampung yang tergabung dalam komponen ini akan menutup saluran bensin. Sehingga suplai bensin ke dalam ruang bakar tidak berlebihan dan pembakaran terjadi dengan sempurna. 

    3. Inlet Hose 

Komponen karburator yang satu ini merupakan selang masuk yang berfungsi untuk jalannya bensin ke dalam karburator mobil. Disebut juga dengan fuel inlet karena selang ini hanya akan dialiri oleh bensin. 

    4. Ruang Pelampung

Bahan bakar dari tangki bensin mobil tidak langsung dialirkan ke ruang bakar melalui inlet hose melainkan ditampung terlebih dahulu di ruang pelampung. Bensin akan transit dahulu di ruang ini sebelum disalurkan ke ruang bakar. 

Di dalam ruang ini terdapat pelampung dan jarum pelampung yang fungsinya tadi telah dijelaskan. 

    5. Air Vent 

Komponen ini merupakan saluran ventilasi yang menghubungkan udara luar dengan ruang pelampung. Fungsi dari air vent adalah supaya tekanan dalam ruang pelampung stabil sama seperti tekanan udara atmosfer. 

Ketika tekanannya stabil atau sama maka jumlah bensin yang dikeluarkan melalui venturi lebih ideal untuk pembakaran. 

    6. Venturi 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya