Tips & Trik

Yuk Ketahui Ini Fungsi Throttle Body Motor & Komponennya

PUBLISHED DATE : 10 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/128513783_s.jpg

Sepeda motor keluaran terbaru kini memanfaatkan teknologi injeksi bukan karburator lagi. Sistem yang terbaru ini pun lebih populer karena perawatan mudah dan pembakaran lebih sempurna. 

Pada salah satu bagian dari sistem ini terdapat komponen bernama throttle body. Peran dari komponen ini adalah untuk mengatur jumlah udara masuk ketika pengendara menggunakan throttle valve melalui throttle grip. 

Perawatan komponen ini pun jadi rutinitas yang harus dilakukan pengendara. Supaya tetap awet, kenali apa saja fungsinya dan tanda kerusakan yang mungkin saja muncul. 

Baca Juga : Penyebab Motor Mogok Setelah Dicuci

Fungsi Throttle Body pada Sepeda Motor 

Fungsi utama dari throttle body adalah saluran utama yang nantinya dilalui udara sebelum dialirkan ke intake manifold. Jadi ketika Anda mengoperasikan throttle valve melalui throttle grip udara akan melewati komponen ini. 

Jumlah udara yang masuk pun akan diatur sehingga besar kecilnya tenaga yang dihasilkan oleh sepeda motor bisa sesuai yang dibutuhkan pengendara. Ketika muatan udara yang diberikan banyak maka tenaga yang dihasilkan lebih besar. 

Baca Juga : Harus Tahu, Ini Penyebab Aki Motor Tidak Mengisi

Begitu juga dengan hal sebaliknya, pada saat udara yang masuk sedikit tenaga juga semakin kecil. Inilah fungsi throttle body yang harus diketahui dan di dalamnya terdapat beberapa komponen yang mendukung. 

Komponen yang Ada pada Throttle Body

98471978_s

Baca Juga : Benarkah Nyalakan Lampu Motor Siang Hari Bikin Aki Cepat Soak?

Pentingnya fungsi throttle body ini membuat Anda harus memperhatikan komponen yang akan bekerja di dalamnya. Masing-masing komponen saling berhubungan dan nantinya harus dijaga dengan benar. 

Berikut ini apa saja komponen yang ada di dalamnya:

 

  • Throttle Valve 

 

Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai sistem buka tutup saluran utama yang akan dilalui udara ke throttle body. Sistem ini bisa terbuka dan tertutup karena telah tersambung pada pedal gas atau acceleration pedal. 

Jadi jika Anda menekan pedal gas, udara yang masuk akan meningkat sedangkan ketika gas dilepaskan udara akan langsung berkurang. 

 

  • Throttle Position Sensor (TPS)

 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya