Tips & Trik

Kebiasaan Sepele yang Bikin Minyak Rem Gampang Rusak

PUBLISHED DATE : 10 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Kebiasaan-Sepele-yang-Bikin-Minyak-Rem-Gampang-Rusak.jpg

Tidak beda dengan pelumas lain yang dipakai di sepeda motor, minyak rem juga perlu Anda perhatikan. Usahakan minimal tiga bulan sekali minyak rem rutin dicek kondisinya. Kenapa harus rutin dicek? Karena pelumas seperti minyak rem pasti mempunyai masa pakai. Yang dianjurkan adalah minyak rem harus diganti tiap 25.000 kilometer.

Namun ingat, ada beberapa faktor yang bisa membuat minyak rem rusak bisa lebih cepat rusak dan harus segera diganti. Dalam kondisi apa minyak rem harus segera diganti walau belum mencapai 25.000 kilometer? Minyak rem sebaiknya segera diganti saat warna minyak rem sudah menjadi lebih pekat dan ada bau yang kurang sedap. 

Ada beberapa faktor penyebab minyak rem menjadi cepat rusak dan beberapa sebenarnya adalah kebiasaan sepele yang kerap dilakukan oleh para pengendara motor, seperti:

  1. Gaya mengendara yang selalu atau terlalu sering menekan tuas rem. Kebiasaan ini menyebabkan minyak rem gampang panas dan merusak kinerjanya. 
  2. Tidak menggunakan minyak rem sesuai standar di motor, apakah DOT 3, DOT 4 dan lainnya. Padahal selalu memakai minyak rem sesuai dengan spesifikasi pabrikan sangat dianjurkan karena jika tidak bisa menyebabkan rem blong.
  3. Faktor terakhir, kondisi master rem yang mulai menurun. Jika seal master rem sudah rusak, kikisan tersebut berisiko bercampur dengan minyak rem. Jika sudah bercampur minyak rem akan rusak. Solusinya, harus dikuras terlebih dahulu dan ganti seal master rem tersebut.

Baca Juga : Sistem Suspensi Mobil: Fungsi, Jenis, dan Cara Kerjanya

Itulah beberapa faktor penyebab minyak rem menjadi cepat rusak. Semoga bermanfaat dan jika Anda ingin memeriksakan kondisi rem sepeda motor Suzuki kesayangan Anda, datanglah ke bengkel resmi Suzuki. Di sana, motor Suzuki Anda akan ditangani oleh mekanik yang terlatih dan berpengalaman.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya