Tips & Trik

Silinder Roda Rem Mobil: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 16 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_kerja_alternator.jpg

Kendaraan tanpa rem tentu sangat berbahaya untuk dikendarai. Komponen rem sendiri ada banyak, khususnya untuk kendaraan roda empat seperti mobil. Rem tromol menjadi salah satu jenis rem yang banyak digunakan mobil saat ini yang memiliki beberapa komponen. 

Silinder roda atau wheel cylinder merupakan komponen dari rem tromol mobil yang peranannya sangat penting. Tanpa komponen ini tidak ada tenaga yang bisa menggerakan kampas rem. 

Seperti apa fungsi dari silinder roda? Apa saja jenis serta komponen pembentuknya? Kenali juga bagaimana cara kerja dari wheel cylinder ini. 

Fungsi Silinder Roda 

Baca Juga : Aki Kering dan Aki Basah, Mana yang Lebih Awet?

Rem tromol memiliki sistem yang menyalurkan tenaga dari pedal rem menggunakan tekanan hidrolik. Supaya sistem ini bekerja dengan baik, maka dibutuhkan komponen berupa silinder roda. 

Letak dari wheel cylinder ada di bagian roda dan menempel di backing plate. Fungsi silinder roda adalah untuk meneruskan tekanan hidrolis yang berasal dari master silinder ke mekanisme pada rem tromol. 

Fungsi lainnya juga untuk mengubah tenaga hidrolik menjadi mekanis sehingga kampas rem dapat bergerak. Pada saat kampas rem bergerak maka akan tercipta gesekan serta panas, hal ini akan memperlambat laju dari kendaraan. 

Baca Juga : Apa yang Menyebabkan Aki Motor Mudah Rusak?

Jumlah silinder roda yang digunakan pada mobil tergantung dengan jenis rem tromol. Ada yang memiliki satu silinder tetapi ada juga yang menggunakan dua silinder. 

Komponen dalam Silinder Roda

Meskipun wheel cylinder adalah komponen dari rem tromol, tetapi ada juga bagian-bagian pembentuknya yang fungsinya sama penting. Jika salah satu komponen saja lumpuh maka akan mempengaruhi wheel cylinder secara keseluruhan. 

Tak hanya itu saja tetapi juga akan mempengaruhi kinerja dari rem tromol. Oleh karena itu Anda harus tahu apa saja komponen pembentuk dari silinder roda lengkap dengan penjelasannya berikut ini. 

  1. Piston 

Baca Juga : Mudah, Ini Tips Mengatasi Piringan Cakram Motor Yang Macet

Komponen yang pertama ini fungsinya adalah untuk menekan sepatu rem agar menempel pada bagian tromol rem dan proses pengereman pun terjadi. Pembuatan piston harus presisi dengan silinder supaya ketika terjadi tekanan dari fluida, maka piston akan terdorong. 

    2. Boots   

Disebut juga dengan protective dust, sesuai dengan namanya komponen ini berfungsi untuk melindungi silinder dari kotoran serta debu. Oleh karena itulah letaknya ada di bagian luar silinder dan menyelimutinya. 

Debu dan kotoran sangat mudah untuk masuk ke wheel cylinder yang jadi penyebab utama kerusakan. Karena pada saat terjadi pengereman debu dan kotoran akan masuk dengan cepat. Tanpa boots komponen wheel cylinder akan cepat rusak. 

    3. Seal Piston

Komponen silinder roda selanjutnya adalah seal pada bagian dalam silinder yang fungsinya adalah untuk merapatkan piston dengan silinder. Baik itu piston dan silinder harus dalam kondisi selalu rapat demi mencegah terjadinya kebocoran fluida. 

Ketika terjadi kebocoran maka tenaga yang dihasilkan dari tekanan hidrolik tidak dapat diteruskan. Akibatnya penekanan pada kampas rem tidak akan terjadi dan bisa memicu kecelakaan. 

    4. Compression Spring 

Disebut juga sebagai expander spring assembly yang fungsinya adalah untuk mengembalikan posisi piston ke awal. Tujuannya adalah agar pada proses pengereman yang selanjutnya tidak terjadi keterlambatan. 

    5. Bleeder Plug

Komponen terakhir ini adalah baut yang jadi bagian silinder roda untuk membuang angin atau menghilangkannya ketika terjebak pada saluran hidrolik rem. Tujuannya tentu saja agar tidak terjadi blong pada saat pengereman. 

Angin yang dikompresi tidak boleh berada pada saluran minyak rem, karena jika terdapat udara akan membuat sistem pengereman tidak bekerja dengan optimal. Bahaya kecelakaan karena rem tidak pakem atau blong pun dapat terjadi. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya