Tips & Trik

Ketahui, Ini Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

Fungsi koil merupakan salah satu onderdil penting pada mesin kendaraan yang berbentuk gulungan kawat tembaga yang dialiri oleh arus listrik yang disebut kumparan. 

Bagi kendaraan yang menggunakan mesin seperti mobil, koil memegang peran yang sangat penting. Benda yang satu ini memiliki andil besar bagi hidup dan matinya mesin dari kendaraan tersebut. Dengan kata lain, tanpa adanya komponen ini, maka mesin kendaraan tidak akan bisa dihidupkan.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan koil ini? Mengapa benda ini begitu sangat dibutuhkan bagi kendaraan bermesin seperti mobil? Jika Anda penasaran dengan beberapa aspek tersebut, penjelasan berikut ini akan membahasnya satu persatu.

Fungsi Koil Mobil

Koil sebenarnya merupakan nama dari salah satu onderdil mesin kendaraan. Komponen ini berbentuk gulungan kawat tembaga yang dialiri oleh arus listrik yang disebut dengan kumparan.

Baca Juga : Coating Mobil: Proses, Manfaat, dan Jenisnya

Besar diameter dari kawat tembaga serta jumlah gulungan dari tiap-tiap bagian onderdil ini tidak sama. Koil sendiri terdiri dari tiga kumparan atau tiga gulungan. Berikut rinciannya.

  • Kumparan Primer

Berita Lainnya