Tips & Trik

Ketahui, Ini Fungsi Koil Mobil dan Cara Kerjanya

PUBLISHED DATE : 28 Januari 2021

Fungsi Koil

fungsi_koil_mobil

Cara Kerja Koil Mobil

Bagaimana koil ini akan bekerja sehingga bisa membuat mesin mobil menyala? Bagaimana pula masing-masing komponen yang terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder ini bisa menghasilkan arus listrik?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, koil terdiri dari beberapa kumparan dimana diantaranya adalah kumparan primer dan kumparan sekunder. Masing-masing kumparan ini terbentuk dari lilitan kawat tembaga dengan ukuran diameter dan jumlah lilitan yang berbeda.

Kumparan tersebut akan bisa menghasilkan medan magnet apabila ada arus listrik yang mengalir di dalamnya. Besar dan kuat medan magnetnya pun tergantung dari banyaknya lilitan kawat pada kumparan. Semakin banyak lilitan, maka semakin besar pula medan magnet yang dihasilkan.

Induksi elektromagnetik dari kedua kumparan pada koil, tidak akan bisa menghasilkan gaya gerak listrik tanpa adanya pemutusan aliran listrik yang tiba-tiba dilakukan. Adanya pemutusan aliran listrik secara tiba-tiba tersebut akan menimbulkan percikan api pada busi, sehingga mesin mobil menyala.

Baca Juga : Apa Itu Strut Bar? Yuk Ketahui Fungsinya Disini

Agar bisa terjadi gaya gerak listrik yang bisa menghasilkan percikan bunga api pada busi, maka diusahakan terjadi pemutusan arus listrik secara tiba-tiba. Yaitu dengan cara memasang kontak point dari platina pada sistem pengapian mobil yang berfungsi untuk memutus aliran listrik pada kumparan.

Selanjutnya, saat terjadi percikan bunga api listrik, akan timbul tegangan listrik hingga mencapai 25.000 volt. Dengan proses ini, komponen tersebut bisa membuat mesin mobil menyala.

Ciri-Ciri Koil Mobil Mengalami Kerusakan

Mengingat begitu pentingnya peran koil pada mesin mobil, maka mengetahui ciri-ciri bagian dari mesin mobil ini  mengalami kerusakan sangat penting. Dengan demikian tidak akan terjadi kondisi dimana tiba-tiba mesin mobil tidak bisa menyala saat dihidupkan, atau bahkan mati saat di tengah perjalanan.

Ciri-ciri dari koil mobil yang mengalami kerusakan sangat beragam. Tetapi, karena fungsi dari alat ini adalah pada pengapian mesin mobil, maka ciri-ciri bahwa alat ini mengalami kerusakan, tidak jauh dari sistem pengapian mesin mobil. Ciri-ciri koil mengalami kerusakan ini diantaranya sebagai berikut

  • Mesin Mobil Susah Dihidupkan Dalam Keadaan Udara Dingin
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya