Tips & Trik

Catat, Ini Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil & Solusinya

PUBLISHED DATE : 03 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/5__xl7.jpg

Menurunnya komponen pada mobil adalah hal yang wajar, salah satunya adalah koil. Oleh karena itu penting sekali pemilik mobil mengetahui ciri ciri koil lemah pada mobil. 

Komponen berukuran kecil ini memiliki fungsi yang sangat vital sehingga Anda wajib memperhatikan kinerjanya. Kenali dengan benar seperti apa ciri dari koil yang rusak lengkap dengan cara mengatasinya. 

Apa Itu Koil dan Fungsinya 

Baca Juga : Panduan Aman Berkendara Mobil Ketika Terjadi Gempa

Koil adalah komponen yang terbuat dari lilitan primer dan sekunder. Lilitan sekunder akan bekerja menghasilkan listrik bertegangan tinggi. Pada saat yang sama ketika arus listrik yang mengalir pada lilitan primer terputus. 

Listrik yang memiliki tegangan tinggi inilah akan diubah busi menjadi percikan bunga api sehingga terjadinya pembakaran di ruang bakar. Baru setelah itu tenaga mesin dapat dihasilkan. 

Jadi fungsi koil adalah untuk menciptakan arus listrik dengan tegangan mencapai 20.000 hingga 30.000 volt. Baru setelah itu akan dikonversi busi menjadi percikan api. 

Baca Juga : Jenis-Jenis Mobil Yang Ada di Indonesia

Koil yang mulai rusak atau melemah ini akan mengganggu kinerja mesin. Akibatnya mesin akan terasa brebet dan paling parah adalah mogok.

Apa saja ciri kerusakan atau koil yang melemah, cari tahu di halaman selanjutnya.

_____________________________________________________________________________________________

Baca Juga : Jangan Panik, Ini Cara Mengatasi Rem Blong Pada Mobil

Sebelum mengalami mogok lebih baik Anda mengenali ciri ciri koil lemah pada mobil. 

Sehingga bisa melakukan tindakan lebih cepat untuk mengatasi masalah kerusakan pada koil. Pasalnya komponen yang sudah rusak jarang bisa diperbaiki dan hanya bisa diganti dengan yang baru. 

Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil

5

Akibat yang dihasilkan ketika koil mulai lemah sangat bervariasi. Mulai dari mesin yang brebet, tenaga mesin menjadi lemah hingga mogok. Untungnya ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan ketika terjadi kerusakan pada koil. 

Sebagai pemilik kendaraan tentunya Anda harus memahami seperti apakah ciri ciri koil lemah pada mobil. Kenali juga bagaimana cara untuk mengatasi koil yang mulai rusak ini. 

  • Koil Menjadi Panas 

Ciri yang pertama adalah panas muncul terlalu tinggi pada koil. Anda bisa meraba koil terlebih dahulu untuk memastikan tingkat panasnya. Pada saat bekerja koil juga akan mengalami kenaikan suhu. 

Bedanya pada saat melemah, koil akan terasa menyengat ketika disentuh. Penyebabnya bisa karena usia koil yang sudah terlalu tua. Bisa juga karena nilai resistansi gulungan kawat sudah besar. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya