Tips & Trik

Catat, Ini Ciri Ciri Koil Lemah pada Mobil & Solusinya

PUBLISHED DATE : 03 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/5__xl7.jpg

Apabila penyebabnya adalah usia yang terlalu tua sebaiknya segera ganti koil. Membiarkannya terlalu panas akan melemahkan kualitasnya dalam meningkatkan arus listrik. 

Kenali ciri koil yang melemah lainnya di halaman berikutnya.

_____________________________________________________________________________________________

  • Tampak Percikan Api pada Koil

Ciri ciri koil lemah pada mobil yang selanjutnya adalah muncul percikan api di koil. Percikan api ini disebabkan karena lapisan kawat pada koil sudah mengelupas. 

Cobalah untuk menyalakan mobil pada saat memeriksanya. Kemudian lihat apakah terlihat percikan api pada badan koil. Lapisan kawat yang mengelupas ini artinya telah terjadi kebocoran. 

Sebelum menyalakan mobil sebaiknya Anda menyemprotkan air ke permukaannya sehingga percikan api lebih terlihat. Percikan api ini muncul karena arus listrik tegangan tinggi yang tidak mengalir pada busi. 

Jika tidak segera diganti koil bisa menjadi penyebab kebakaran pada sistem kelistrikan mobil. Jadi jika ciri ini muncul segeralah untuk menggantinya. 

  • Perlu Waktu Lama untuk Starter Mobil 

Penting untuk memanaskan mobil sebelum digunakan atau mobil yang terlalu lama di garasi. Namun ketika starter mobil lama tentu akan membuat jengkel. Salah satu penyebab starter lama bisa berasal dari koil yang melemah. 

Arus listrik yang terlalu kecil karena koil rusak tidak bisa membuat busi memercikan api. Sehingga campuran bahan bakar dan udara yang bertekanan tinggi pun tidak akan menghasilkan tenaga pada mesin. 

Apa yang terjadi pada starter jika koil tidak berfungsi lagi, cek di halaman berikutnya.

______________________________________________________________________________________________

Starter mobil yang sulit sering terjadi juga dikarenakan koil yang melemah. Awalnya starter mobil membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Namun jika koil tidak berfungsi kembali maka starter mobil pun akan gagal. 

  • Performa Mesin jadi Tidak Stabil 

Ada satu lagi ciri ciri koil lemah pada mobil yang tidak boleh dilewatkan yaitu performa mesin yang tidak stabil. Pada saat Anda menggunakannya baik dalam kecepatan tinggi atau rendah mobil akan mudah brebet. 

Masalah brebet ini disebabkan pembakaran yang kurang sempurna. Meskipun tidak ada masalah pada ruang bakar, namun jika koil bermasalah maka percikan api tidak stabil. Hasilnya pun berimbas pada mesin mobil. 

Ketika memulai brebet sebaiknya segeralah datang ke bengkel resmi terdekat untuk mengecek apakah koil sumber masalahnya. 

  • Mobil Mati Mendadak 

Apabila ciri ciri koil lemah pada mobil ini sudah sering terjadi, jangan diabaikan. Matinya mesin mobil tidak selalu karena overheat. Pada saat busi tidak dapat bekerja menciptakan percikan api maka mesin akan langsung mati. 

Apabila setelah dicek busi ternyata baik-baik saja maka masalahnya bisa berasal dari koil yang rusak. Mobil yang mati mendadak juga menjadi tanda bahwa koil sudah tidak bisa digunakan kembali. 

______________________________________________________________________________________________

Solusinya hanyalah mengganti koil yang baru dan hanya lakukan di bengkel resmi terdekat. Supaya Anda mendapatkan suku cadang yang asli. 

Solusi bagi Koil Mobil yang Mulai Melemah 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya