Baru Pakai Mobil Transmisi Matik? Hal Ini Perlu Diperhatikan

15 Juli 2019
Share to

Seakan tidak mau kalau dengan motor matik, belakangan mobil bertransmisi otomatis naik popularitasnya dan menjadi pilihan calon konsumen mobil di negara kita. Apa yang menyebabkan kendaraan bertransmisi otomatis naik popularitasnya?

Banyak yang percaya bahwa kendaraan bertransmisi otomatis terus meningkat penjualannya karena adanya perkembangan teknologi transmisi, kemudahan dan kebutuhan di perkotaan yang semakin hari kemacetannya semakin bikin pusing kepala.

Hal yang Harus Diperhatikan Pengguna Pemula

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna mobil matik, seperti memperhatikan perawatan dan cara kerja yang tidak sama dengan mobil bertransmisi manual. Tidak sama dengan transmisi manual, transmisi otomatis sangat bergantung pada oli untuk bekerja. Proses kerja transmisi otomatis berawal dari torque converter yang bertugas sebagai kopling mekanikal.

Bagian yang satu ini bekerja dengan mekanisme pompa dan turbin di mana tekanan oli yang diproduksi dari pompa digunakan untuk meningkatkan torsi ketika putaran mesin meningkat. Oli sangat penting untuk mobil bertransmisi matik dan pemilik tidak boleh melewatkan waktu pengggantian oli. Kalau terjadi kebocoran, harus segera bawa ke bengkel.

Harus Paham Simbol Pada Tuas Transmisi

Pemilik pemula kendaraan matik selanjutnya juga harus memahami fungsi masing-masing simbol pada tuas transmisi. Simbol P, R, N, D, dan L punya perbedaan dan bisa digunakan untuk kemudahan berkendara di berbagai jenis jalan.

Pemilik harus paham dan tahu apa fungsi transmisi tersebut. Contoh jika jalan, kapan harus pakai D, kapan juga harus pindah ke gigi rendah (L/2), dan lain-lain. Hal Ini penting agar umur transmisi lebih panjang. Jika sampai saat ini Anda masih bingung dengan simbol pada tuas transmisi matik, konsultasikan segera dengan mekanik Suzuki yang ada di bengkel resmi Suzuki.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).