Tips & Trik

Tips Pintar Agar Mobil Matik Tidak Boros Bahan Bakar

PUBLISHED DATE : 05 Februari 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_366973250.jpg

Tidak sedikit yang bilang bahwa memiliki mobil bertransmisi matik itu lebih boros jika dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga pemiliknya harus siap-siap dengan dana yang lebih besar untuk bahan bakar kalau memiliki mobil bertransmisi matik.

Sebenarnya memang tidak banyak yang bisa dilakukan ketika mengendarai mobil untuk bisa lebih menghemat bahan bakar karena pedalnya cuma gas dan rem. Tetapi ada teknik berkendara yang  bisa membuat bahan bakar menjadi lebih awet. Berikut adalah teknik-teknik tersebut.

1. Pastikan Kecepatan Tetap Konstan

Baca Juga : Siapa Penemu Mobil Pertama di Dunia? Ini Sejarahnya

Tubuh yang terus bergerak sudah pasti butuh energi yang lebih banyak. Sama juga dengan mobil, jika berakselerasi semakin cepat maka mesin akan bekerja lebih keras dan bahan bakar yang dibutuhkan akan menjadi lebih banyak.

Usahakan jangan terlalu sering memakai rem jika tidak perlu, jagalah kecepatan mobil supaya bisa konstan sehingga mesin juga akan bekerja lebih stabil.

2. Istirahatkan Kaki dari Pedal Rem

Baca Juga : Ini Penyebab Oli Mesin Mobil Cepat Berkurang & Solusinya

Pedal rem jangan terlalu sering diinjak. Kita bisa sejenak mengistirahatkan kaki dari pedal rem karena terlalu sering menginjak pedal rem juga akan berkontribusi dalam pemborosan bahan bakar.

3. Pastikan Tekanan Ban Cukup

Ban akan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Tiap ban punya porsi tersendiri dan mempengaruhi efisiensi bahan bakar. Ban yang punya tekanan kurang dari standar yang ditetapkan bisa membuat mesin mobil bekerja lebih keras sehingga berisiko menyedot bahan bakar lebih banyak.

Baca Juga : Kipas Radiator: Fungsi dan Penyebab Kerusakannya

4. Jaga Emosi Ketika Berkendara

Berkendara agresif seperti berakselerasi sangat cepat lalu  mengeremnya mendadak bisa membuat pemakaian bahan bakar menjadi lebih boros. Jaga emosi saat berkendara dan berakselerasilah secukupnya, tidak perlu ngebut, apalagi ugal-ugalan.

Semoga bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya