Tips & Trik

Jarang Balancing Roda? Ini Risikonya

PUBLISHED DATE : 07 November 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Jarang-Balancing-Roda-Ini-Risikonya.jpg

Sebagai pemilik kendaraan, pasti sudah banyak dari Anda yang tahu bahwa untuk menjaga kestabilan serta kenyamanan saat mengendarai kendaraan kesayangan, balancing perlu dilakukan. Dengan melakukan balancing, keseimbangan roda kendaraan saat berputar bisa terjaga.

Apa efeknya jika putaran roda tidak seimbang?

Tidak seimbangnya putaran roda kanan dan kiri bisa menimbulkan masalah yang salah satunya adalah munculnya keausan ban yang tidak merata, putaran roda yang tidak seimbang tak hanya mengganggu ban tapi juga komponen kaki-kaki lainnya. Saat putaran roda tidak seimbang, traksi ban akan kurang sempurna khususnya saat kendaraan dipacu pada kecepatan tinggi. Hal inilah yang menyebabkan ban aus tidak merata.

Baca Juga : Apa Itu Relay Mobil? Ketahui Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Umumnya akan timbul getaran atau bunyi saat melaju pada kecepatan tertentu. Saat keausan ban tidak merata maka akan secara otomatis memperpendek masa pakai ban. Karena itulah balancing harus rutin dilakukan, umumnya setiap 10.000 Km sekali atau tiap Anda merotasi ban kendaraan kesayangan.

Rutin melakukan balancing tidak hanya bisa memperpanjang masa pakai ban, kondisi kesehatan kaki-kaki mobil juga lebih terjaga. Ingat, getaran yang terjadi saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi bisa membuat beban kinerja bagian kaki-kaki bertambah. Nah, balancing secara tak langsung bisa membuat komponen kaki-kaki, seperti sokbreker, bearing atau laher, dan komponen lainnya, menjadi lebih awet.

Di mana tempat terbaik untuk melakukan balancing?

Baca Juga : Wahai Biker Ketahui 8 Fungsi Busi Motor dan Cara Kerjanya

Untuk Anda para pemilik kendaraan Suzuki, tempat terbaik untuk melakukan balancing sudah pasti di bengkel resmi Suzuki. Tidak hanya bisa rutin melakukan balancing, di bengkel resmi Suzuki Anda juga bisa melakukan servis berkala yang juga sangat disarankan agar kendaraan Suzuki kesayangan Anda selalu dalam kondisi prima.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya