Tips & Trik

Jarang Balancing Roda? Ini Risikonya

PUBLISHED DATE : 24 November 2023

Jarang Balancing Roda Ini Risikonya

Mekanik menggunakan mesin balancing yang memutarkan roda dan mendeteksi ketidakseimbangan. Setelah itu, timbal tambahan ditempatkan pada roda untuk mengkompensasi perbedaan berat tersebut.

Proses balancing pada roda sangat penting untuk menjaga keseimbangan dan stabilitas kendaraan. Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai risiko apa yang mungkin muncul jika roda tidak seimbang.

Berikut ulasan lengkapnya:

  • Getaran yang Tidak Diinginkan

Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan getaran yang tidak diinginkan selama berkendara. Getaran ini dapat terasa pada kemudi, kursi, dan keseluruhan kendaraan. Ketidaknyamanan ini bukan hanya masalah estetika; getaran yang berlebihan dapat membuat perjalanan tidak menyenangkan bagi pengemudi dan penumpang.

Biasanya, getaran akan Anda rasakan ketika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Tentu sangat berbahaya bukan apabila saat melaju dengan kecepatan tinggi, ternyata terjadi getaran? Anda akan sulit mengendalikan kemudi, dan bisa juga menyebabkan kepanikan saat berkendara.

Munculnya getaran karena Anda tidak melakukan balancing sesuai dengan waktu yang ditentukan. Apalagi jika ternyata Anda tidak pernah melakukan balancing roda sama sekali. Hal ini bisa membahayakan keselamatan saat berkendara.

  • Ban Cepat Aus

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Alternator dan Komponennya

Perawatan ban terbilang cukup menguras kantong. Maka dari itu selagi tidak ada kendala, Anda harus menjaga dan melakukan perawatan dengan baik.

Salah satu risiko yang timbul apabila Anda tidak menjaga keseimbangan roda adalah ban mobil jadi lebih cepat aus. Sebab, permukaannya akan tergerus saat tidak ada keseimbangan pada roda.

Maka dari itu, Anda wajib melakukan balancing jika sudah waktunya. Supaya ban mobil jadi lebih awet atau masa pakainya tahan lama. Kantong Anda juga lebih aman dari kemungkinan sering ganti ban kendaraan.

  • Putaran Roda Tidak Seimbang

Keseimbangan roda sangat penting ketika berkendara pada kecepatan tinggi. Roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan ketidakstabilan pada kendaraan. Akibatnya, mobil juga akan sulit untuk dikendalikan. 

Tentu saja hal ini sangat berbahaya. Putaran roda yang tidak seimbang, dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Terutama saat Anda harus melewati tikungan atau dalam situasi darurat dengan kecepatan tinggi.

  • Putaran Ban Jadi Terganggu

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya