Tips & Trik

Jarang Balancing Roda? Ini Risikonya

PUBLISHED DATE : 24 November 2023

Jarang Balancing Roda Ini Risikonya

Kaki-kaki juga turut mendapatkan dampak yang signifikan karena ketidakseimbangan roda ini. Komponen seperti sokbreker, hingga bearing jadi terganggu.

Penyebabnya karena getaran yang cukup tinggi ketika kecepatannya juga tinggi. Sehingga beban kinerja kaki mobil bertambah ketimbang biasanya.

Komponen tersebutlah yang bekerja ekstra untuk membuat mobil jadi lebih nyaman digunakan. Hal ini kemudian berpengaruh terhadap masa pakai komponen. Semakin berat kinerja, komponen akan jadi lebih mudah aus.

Beda jika Anda rutin menjaga ritme balancing roda setidaknya setiap 10.000 kilometer sekali. Komponen pada kaki mobil akan menjadi lebih awet atau masa pakainya tahan lama.

  • Risiko Kecelakaan

Risiko keselamatan adalah konsekuensi paling serius dari roda yang tidak seimbang. Kondisi ini dapat membuat kendaraan sulit untuk dikendalikan, meningkatkan risiko kecelakaan, terutama pada kondisi jalan yang sulit atau dalam situasi darurat. 

Keselamatan pengemudi dan penumpang harus menjadi prioritas utama ya! Salah satu caranya dengan menjaga keseimbangan roda dan melakukannya rutin sesuai dengan anjuran dari teknisi.

Baca Juga : Ini yang Harus Diperhatikan Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat

Jarang melakukan balancing roda bukanlah pilihan yang bijak. Risiko-risiko yang timbul dapat berdampak pada kenyamanan, performa, dan yang paling penting, keselamatan kendaraan. 

Dengan menjaga keseimbangan roda secara teratur, Anda tidak hanya meningkatkan pengalaman berkendara, tetapi juga melindungi investasi kendaraan. Terlebih nyawa pengemudi dan penumpang juga terjaga. 

Tempat Terbaik untuk Melakukan Balancing

Sebenarnya Anda bisa melakukan balancing di berbagai bengkel. Namun pastikan jika bengkel tersebut memiliki teknisi yang berpengalaman. Supaya dapat melakukan balancing dengan baik.

Untuk Anda yang memiliki kendaraan Suzuki, sebaiknya menyeimbangkan roda pada bengkel resmi Suzuki. Selain proses balancing, Anda juga bisa melakukan service rutin kendaraan kesayangan Anda.

Ingin memberikan sentuhan istimewa pada roda Suzuki kesayanganmu? Langsung saja klik di sini untuk merasakan pengalaman istimewa dan dapatkan informasi lengkap mengenai balancing roda di bengkel resmi Suzuki!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti1

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

Bagi orang yang sudah akrab dengan dunia otomotif, pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya busi. Busi merupakan komponen pertama yang bekerja ketika motor dihidupkan untu...

selengkapnya