Tips & Trik

Pajak Mobil: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/20__xl7_(2).jpg

Anda baru saja membeli mobil? Ukurannya yang cukup besar membuat mobil bisa membawa seluruh keluarga atau untuk kepentingan lainnya.

Di balik manfaatnya yang begitu banyak, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli jenis kendaraan ini, dan salah satunya adalah pajak mobil.

Anda harus membayar pajak wajib setiap tahunnya agar kendaraan dapat tetap aman dikemudikan di jalan raya. Lalu apa saja jenis pajak kendaraan mobil ini, berapa biayanya, dan bagaimana cara menghitungnya? Simak penjelasan mengenai pajak kendaraan mobil berikut ini.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil Berapa Km? Ini Tandanya Perlu Diganti

Pengertian Pajak Mobil

Pajak mobil adalah suatu kewajiban yang harus dipenuhi setiap pemilik mobil per tahunnya.

Hal ini dikarenakan mobil dihitung sebagai aset pribadi. Besarannya biasanya ditentukan dari beberapa faktor seperti nilai, bobot, pencemaran yang ditimbulkan, kerusakan jalan, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Asap Knalpot Mobil Ngebul? Apakah Penyebabnya?

Untuk menghitung besaran pajak memang agak membingungkan, apalagi untuk Anda yang baru saja membeli mobil.

Penghitungan pajak pun tidak hanya satu kali, ada beberapa jenis pajak untuk mobil yang harus dipenuhi setiap penanggung.

20._xl7__1_

Baca Juga : Catalytic Converter Mobil: Pengertian dan Fungsinya

Jenis Pajak Mobil

Sebelum menghitung seberapa besar pajak yang harus dibayarkan, Anda harus mengetahui jenis-jenis pajak dan peruntukannya berikut ini :

  • Pajak Tahunan

Pajak tahunan untuk mobil diberlakukan untuk mengesahkan STNK. Untuk pembayarannya sangat gampang karena bisa melalui kantor Samsat maupun lewat website resmi yang sudah disediakan. 

Untuk mengurus pajak tahunan Anda harus menyiapkan dokumen seperti STNK asli, BPKB, KTP asli, dan jangan lupa uang pembayaran. Anda bisa melihat besaran biaya pajak pada nominal yang tertulis di STNK.

  • Pajak Lima Tahunan

Pajak ini berlaku untuk memperbarui STNK sekaligus penggantian plat kendaraan. Pajak lima tahun ini cara membayarnya sama seperti pajak tahunan. 

Persyaratan yang disiapkan yaitu STNK, KTP, BPKB, formulir cek fisik kendaraan, uang pembayaran.

Setelah semua persyaratan telah Anda lengkapi, bisa pergi ke Samsat untuk melakukan pembayaran, pengambilan berkas yang baru dan plat baru.

Pajak untuk Mobil Baru

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya