Tips & Trik

Jarang Balancing Roda? Ini Risikonya

PUBLISHED DATE : 24 November 2023

Jarang Balancing Roda Ini Risikonya

Apabila ban pada mobil tidak seimbang, maka tentu saja ada ketidaksamaan antara ban mobil di sisi kanan dan kiri. Hal ini disebabkan adanya keausan karena ban tidak rata. Sehingga putaran pada ban mobil juga tidak seimbang.

Jangan ragu untuk segera menyeimbangkan roda jika ini terjadi. Supaya perjalanan Anda jadi lancar dan tidak terhambat karena roda ban yang bermasalah.

  • Kerusakan pada Suspensi

Salah satu risiko utama dari roda yang tidak seimbang adalah kerusakan pada sistem suspensi. Sistem ini mampu meredam getaran dan tekanan yang dihasilkan saat Anda berkendara di jalanan. 

Saat roda tidak seimbang, maka akan menghasilkan getaran mengganggu. Hal inilah yang diredam oleh sistem suspensi. Getaran yang dihasilkan dapat merusak komponen-komponen suspensi, seperti per yang menghubungkan roda dengan rangka kendaraan. 

Kerusakan pada suspensi dapat mengakibatkan peningkatan biaya perbaikan dan mengurangi kenyamanan berkendara. Anda tidak mau kan jika harus boros karena adanya kerusakan pada komponen tersebut?

  • Kerusakan pada Sistem Kemudi

Anda akan merasakan kemudi jadi lebih berat dan juga susah untuk dikendalikan. Sebab, kemudi seperti “terbebani” karena ban tidak dilakukan balancing roda. 

Baca Juga : Apa Kegunaan Oli Shock Absorber? Ini Fungsi dan Jenisnya

Tak hanya itu, getaran yang dihasilkan oleh roda yang tidak seimbang dapat merambat ke sistem kemudi. Ini dapat menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen kemudi, seperti rak kemudi dan tie rod end. 

Kerusakan pada sistem kemudi dapat mengurangi kemampuan pengemudi untuk mengendalikan kendaraan dengan baik. Untuk itu jika tidak ingin dampak ketidak seimbangan roda ini merembet, Anda harus melakukan balancing secara rutin.

  • Peningkatan Konsumsi Bahan Bakar

Benarkah proses penyeimbangan roda berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar? Meskipun mungkin terdengar tidak langsung terkait, roda yang tidak seimbang dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar. 

Ketidakseimbangan berat pada roda dapat membuat mesin bekerja lebih keras untuk menjaga kendaraan tetap stabil. Lalu pada akhirnya dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Hal ini tidak akan Anda dapatkan apabila rutin melakukan spooring and balancing. Bahan bakar akan tetap hemat karena kinerja mesin juga lebih baik.

  • Membebani Kinerja Kaki Mobil

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya