Tips & Trik

Mempelajari Kinerja AC Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-20-(1)-(1).jpg

Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, rasanya tidak mungkin bisa jika kita berkendara tanpa menghidupkan AC (air conditioner) terutama pada siang hari. AC merupakan komponen yang tak kalah penting dalam mobil, udara kabin sejuk akan membantu Anda untuk nyaman sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, pastikan selalu mengecek kondisi AC mobil agar tetap sehat dan dingin dengan melakukan servis AC secara rutin. Untuk lebih mengenal kondisi komponen apa saja dan cara kerja AC pada mobil Anda, simak artikel ini. 

Mengenal Bagian Pada AC Mobil

AC pada mobil Anda memiliki beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing. Berikut adalah 5 komponen AC mobil yang perlu Anda ketahui: 

Baca Juga : Zebra Cross: Sejarah, Aturan dan Fungsinya

 

  • Kompresor yang berfungsi memompa freon untuk bisa disalurkan pada seluruh sistem AC.  
  • Kondensor AC mobil yang bertugas untuk melepaskan panas dari freon sehingga bekerja sebagai pendingin. Kondensor juga biasanya bekerja dengan bantuan dari cooling fan.  
  • Receiver Dryer atau penyaring AC. Komponen ini juga kadang disebut sebagai filter dryer yang tak hanya menyaring kotoran tapi juga mengeringkan uap air pada AC mobil. 
  • Expansion valve yang mampu mengubah freon cair menjadi gas

 

  • Terakhir adalah Evaporator yang mampu menyerap udara maupun gas panas dan mengubahnya menjadi udara dingin.


Setelah mengenal kelima bagian yang terdapat pada AC mobil, lalu bagaimana cara kerjanya, berikut adalah rangkuman singkat bagaimana tahapan AC mobil Anda bekerja mendinginkan kabin.

Baca Juga : Ketahui Ini Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

 

  • Kompresor Memompa Freon 

 

Pertama-tama kompresor akan memompa freon yang masih berwujud gas. Lewat tekanan tinggi hingga 100 derajat celcius, gas freon akan dipompa ke arah kondensor AC untuk kemudian diubah menjadi freon cair. Kompresor merupakan AC yang pertama bekerja dari saat AC dinyalakan, seberapa cepat kabin berubah jadi dingin sangat bergantung pada kekuatan yang dimiliki kompressor. 

Baca Juga : Mengganti Ukuran Ban Jadi Besar Lebih Baik Daripada Ganti Ban Kecil

 

  • Proses Penyaringan Freon 

 

Setelah melewati kondensor dan freon gas berubah menjadi cairan, Ia harus melewati receiver dryer untuk disaring terlebih dahulu. Tujuannya agar kotoran yang masih terkandung di dalamnya tidak mengganggu mesin pendingin dan proses pendinginan kabin tidak terhambat. Sehingga uap dingin yang dihasilkan jadi bersih dan bebas kotoran. 

 

  • Mengubah Freon Cair Jadi Uap

 

Selanjutnya freon cair yang telah disaring akan diubah menjadi gas dingin pada expansion valve atau katup ekspansi. Di mana tugas dari komponen ini tak hanya mengubah cairan jadi gas, tapi juga mendinginkannya. Cairan freon akan berubah wujud menjadi kabut bertekanan rendah

diubah wujudnya menjadi kabut atau uap yang tekanannya rendah. Prosesnya adalah dengan menggunakan tekanan yang turunya secara otomatis sehingga suhu dari uap pun menjadi dingin atau bertemperatur rendah. 

 

  • Mengalirkan Uap ke Evaporator 
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya