Tips & Trik

Wajib Baca! Panduan Membeli Mesin Perahu Tempel

PUBLISHED DATE : 25 Januari 2023

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/SIS-Jan-Blog-3.jpg

Memilih mesin perahu tempel bukanlah hal yang mudah. Terlebih jika Anda juga tidak terlalu paham seluk beluk penunjang transportasi air ini. Sebelum memutuskan beli mesin perahu tempel, berikut adalah beberapa hal penting yang wajib jadi pertimbangkan. Simak rangkuman dari Suzuki Marine ini untuk Anda yang berniat membeli mesin perahu tempel baru. 

  • Tentukan & Ukuran

Hal utama yang harus diperhatikan sebelum memilih mesin perahu tempel adalah mencari tahu beragam jenis mesin yang dibedakan dari ukurannya terlebih dahulu. Pastikan Anda memilih motor perahu yang sesuai kebutuhan dan juga spesifikasi kapal Anda. Untuk kebutuhan hobi seperti memancing, watersport atau sekadar berlayar dengan kapal kecil, Anda bisa memilih mesin tempel kecil atau portable. Sedangkan untuk kapal yang lebih besar, Anda bisa memilih ukuran sedang hingga ukuran besar yang ditawarkan oleh Suzuki Marine. Periksa juga spesifikasi yang ditawarkan seperti seberapa efisien bahan bakar yang digunakan, output yang dihasilkan mesinnya seberapa besar hingga bobot mesin. 

  • Pilih Jenis Mesin 

Mesin perahu tempel yang beredar di pasaran terdiri dari 2 jenis. Ada mesin perahu tempel 2 tak dan mesin perahu tempel 4 tak. Mesin perahu tempel terkenal akan bobotnya yang ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Namun sayangnya mesin ini memiliki gas buang yang lebih banyak, serta sistem pembakaran yang kurang efisien. Sehingga kini, mesin perahu tempel 2 tak perlahan mulai ditinggalkan. Sementara itu mesin perahu 4 tak dinilai memiliki kinerja mesin yang tak kalah tangguh dibanding mesin 2 tak. Sistem pembakaran yang lebih canggih, menghasilkan tarikan yang lebih halus dan juga tetap irit bahan bakar. Dan yang tak kalah penting, mesin kapal tempel 4 tak lebih ramah lingkungan. 

  • Pertimbangkan Harga & Biaya Operasional Jangka Panjang Anda

Baca Juga : Wajib Tahu! 3 Keunggulan Suzuki Ertiga Hybrid

Mungkin Anda bisa menemukan mesin perahu dengan harga yang terjangkau. Namun sebelum terburu-buru membelinya, pastikan Anda telah memperhitungkan biaya operasional harian termasuk biaya perawatan jangka panjang yang akan dibutuhkan seperti biaya ganti oli, belanja suku cadang dan biaya perbaikan. Saat ini mesin perahu tempel yang beredar di pasaran dibanderol dengan harga bervariatif, di Suzuki Marine sendiri mesin perahu tempel ukuran kecil ditawarkan dengan harga mulai dari Rp19jtan. 

  • Uji Performa

Hal yang tak kalah penting lainnya untuk diketahui sebelum membeli mesin perahu tempel adalah mengetahui performanya. Berapa tenaga kuda yang akan dihasilkan, biasanya bisa Anda periksa pada buku manual mesin perahu tempel Anda. Namun perlu diingat, besaran tenaga yang dihasilkan biasanya tidak sebanding lurus dengan efisiensi. Semakin besar tenaga kuda yang dihasilkan, niscaya semakin banyak konsumsi bahan bakar. Karenanya pilihlah mesin perahu tempel yang memiliki fitur-fitur terkini seperti mesin perahu tempel keluaran Suzuki Marine. Dengan berbagai teknologi modern, Suzuki menawarkan mesin perahu dengan konsumsi bahan bakar yang lebih baik. Sehingga Anda mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan RPM lebih rendah dan lebih sedikit bahan bakar.

  • Kemudahan Akses Perawatan

Selain alasan di atas tadi, pertimbangkan juga perihal kemudahan perawatan mesin perahu Anda. Tujuannya tentu untuk menjaga kondisi mesin perahu tempel Anda agar selalu prima dan bisa memiliki usia pakai yang lebih panjang. Percayakan pilihan Anda untuk membeli mesin perahu tempel di Suzuki Marine, tak hanya memiliki beragam pilihan mesin perahu sesuai kebutuhan tapi juga akses pelayanan purna jual yang mumpuni. Lakukan perawatan mesin perahu kapal dengan mudah di bengkel Suzuki Marine, serta dapatkan juga kemudahan mengganti suku cadang lewat akses jual beli sparepart mesin di sini. Cari tahu seputar produk-produk unggulan Suzuki Marine di sini https://www.suzuki.co.id/marine

Baca Juga : 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kerusakan Fan Belt Mobil

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya