Tips & Trik

3 Mitos Seputar Pembiayaan Mobil

PUBLISHED DATE : 28 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-30-(1)-(1)-(1).jpg

Membeli mobil secara kredit adalah salah satu cara umum untuk bisa membawa pulang mobil incaran Anda. Membeli mobil secara kredit bukanlah lagi hal yang aneh saat ini, bahkan seluruh dealer dan leasing biasanya memiliki fasilitas pengajuan kredit mobil. Lewat kredit mobil, Anda bisa membeli mobil dengan cara menyicilnya. Hal ini tentu lebih ringan ketimbang harus menyiapkan dana besar sejumlah harga mobil Anda.

Namun sayangnya hingga saat ini masih banyak orang yang ragu-ragu untuk mengajukan kredit mobil ataupun membeli mobil over kredit. Banyaknya mitos seputar pembiayaan mobil menjadi penyebab utamanya. Padahal mitos tersebut belum tentu benar. Apa saja sih mitos yang beredar dan menyebabkan masyarakat enggan mengajukan kredit mobil?

Mitos No 1: Proses Pengajuan Sulit

Baca Juga : Mudik dengan Motor? Ini yang Wajib Dipersiapkan

Banyak yang beranggapan, proses pengajuan kendaraan bermotor itu sulit dan memakan waktu lama. Padahal ini belum tentu benar, karena jika pihak yang mengajukan telah melengkapi seluruh persyaratan dokumen dan administrasi, proses pengajuan kredit akan lebih mudah. Selama ini jika terjadi tarik ulur pada proses pengajuan kredit, biasanya karena pihak pembiayaan maupun bank perlu melakukan crosscheck terhadap penghasilan per bulan dari pihak yang mengajukan kredit apakah memenuhi syarat atau tidak. Lalu setelah syarat awal tersebut telah terpenuhi, apakah pengajuan kredit mobil itu lama? Tidak juga, karena banyak lembaga keuangan mobil atau finance maupun bank yang mencairkan dana sesuai yang diajukan dalam waktu mulai dari 3 hari kerja saja.

Mitos no 2: Bunga Cicilan Besar dan Merugikan

Mitos yang satu ini tentu tidak sepenuhnya benar, karena besaran bunga maupun cicilan yang Anda harus bayar bisa Anda pilih sendiri sesuai kemampuan. Sistem kredit mobil juga memiliki pilihan skema sesuai dengan kemampuan Anda. Jika Anda menginginkan untuk segera membawa pulang mobil Anda dengan cepat, Anda bisa mengajukan kredit tanpa agunan yang relatif pencairannya lebih cepat. Namun kredit tanpa agunan biasanya memiliki batas jumlah dana yang diajukan, serta tenor pengembaliannya juga relatif singkat. Sementara pilihan lainnya Anda bisa mengajukan kredit kendaraan bermotor lewat leasing yang mengharuskan Anda menjaminkan BPKB mobil hingga kredit Anda lunas nantinya. Kredit mobil lewat leasing ini memiliki keuntungan yaitu beragam tenor dan nominal cicilan yang bisa dibayarkan sepanjang 5 bahkan 7 tahun dan biasanya memiliki bunga yang relatif rendah.

Baca Juga : Mengapa Suzuki Super Carry pick up adalah pilihan yang tepat untuk pengusaha UKM?

Mitos no 3: Kredit Menambah Beban Biaya Sehari-Hari

Hal ini juga tentunya belum tentu benar, karena setiap jika Anda mampu mengatur keuangan dengan baik tentunya besaran cicilan dari kredit Anda tidak akan membebani biaya sehari-hari. Karenanya sebelum mengajukan kredit, Anda harus menghitung jumlah pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulannya. Kemudian batasi membatasi atau mengerem pengeluaran yang sifatnya tidak begitu penting dilakukan.

Tentukan juga berapa batas hutang maksimal yang bisa Anda tanggung di dalam keuangan Anda. Idealnya hutang tidak boleh lebih dari 30% dari jumlah total penghasilan yang Anda miliki. Jadi pastikan cicilan Anda tidak lebih dari 30% dari gaji bulanan Anda. Setelah itu, lakukan juga pemisahan rekening untuk biaya-biaya yang wajib dibayarkan dengan uang harian yang memang pasti terpakai setiap bulannya. Hal ini bertujuan agar dana wajib tidak terpakai dan menyulitkan Anda untuk membayar cicilan pada bulan-bulan berikutnya. Tetap disiplin dan hemat saat melakukan kredit mobil adalah kunci agar keuangan Anda juga tetap sehat.

Baca Juga : Rahasia Suzuki Jimny Begitu Tangguh & Berperforma Di Medan Menantang

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya