Tips & Trik

Berapa Liter Sebaiknya BBM Cadangan di Tangki Mobil?

PUBLISHED DATE : 14 Oktober 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Berapa-Liter-Sebaiknya-BBM-Cadangan-di-Tangki-Mobil.jpg

Anda pasti sudah banyak yang tahu bahwa untuk mengetahui kapasitas tangki bbm, kita bisa melihat buku pedoman pemilik kendaraan bermotor. Nah kapasitas tangki bbm ini umumnya sudah termasuk bbm cadangan.

Lalu berapa liter sebenarnya bahan bakar cadangan tersebut?

Biasanya, bahan bakar cadangan baru akan terkonsumsi saat indikator telah menyala. Jika indikator bahan bakar mobil menyala itu menunjukkan bensin akan segera habis, namun mobil masih bisa berjalan karena masih ada bensin cadangan. Indikator yang menyala ini adalah langkah antisipasi dari pabrikan jika BBM sudah mulai habis, tapi belum bisa menemukan stasiun pengisian bahan bakar..

Baca Juga : Sering Pakai Rem Tangan Saat Berhenti di Lampu Merah? Sebaiknya Dihindari!

Jumlah bbm cadangan tidak sama untuk setiap mobil, namun umumnya sekitar 10 persen dari kapasitas tangki. Estimasinya, contoh kalau kapasitas tangki BBM kendaraan Anda adalah 60 liter, maka bahan bakar cadangan yang dimiliki kendaraan Anda sekitar 6 liter. Jadi kalau bensin cadangan diperkirakan masih ada sekitar 6 liter, maka mobil yang punya konsumsi BBM 1 liter:10 KM artinya masih mampu berjalan sampai 60 Km. Tapi ingat, ada baiknya tidak dipaksakan untuk bisa berjalan sampai batas maksimal tersebut dan segera cari stasiun pengisian bahan bakar agar kondisi kendaraan tetap prima.

Semoga informasi ini bermanfaat dan ingat untuk selalu rutin melakukan servis berkala pada kendaraan Suzuki kesayangan Anda di bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya