Tips & Trik

Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

PUBLISHED DATE : 27 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/97379078_s.jpg

Jika sudah mencapai masa kadaluarsa dengan beberapa ciri-cirinya, busi mobil perlu diganti dengan yang baru agar mobil tidak mengalami kerusakan.

Busi adalah salah satu komponen utama dalam mobil. Sama seperti komponen lainnya, busi juga memiliki masa kadaluarsanya. Jika sudah mencapai masa kadaluarsa, busi mobil perlu diganti dengan yang baru agar mobil tidak mengalami kerusakan.

Jika sudah saatnya, Anda harus segera menggantinya. Umumnya, usia maksimal sebuah busi dapat bertahan dalam perjalanan kendaraan yang menempuh angka 45.000 kilometer. Untuk membantu Anda mengetahui kondisi busi yang sudah perlu diganti, berikut ciri-ciri umumnya.

Ciri Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

Baca Juga : Apa Itu Oli Palsu?

100455913_s

 

Kondisi Mobil Terasa Aneh Saat Digunakan di Jalan

Baca Juga : Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok yang Rusak

Salah satu ciri yang paling mudah dikenali saat busi sudah aus adalah akselerasi mobil menjadi terhambat, bahkan berjalan lebih lambat. Tidak hanya itu saja, mobil juga terkadang mengalami lonjakan pada bagian mesin saat sedang berjalan.

Bahan bakar yang biasanya irit pun berubah menjadi lebih boros, dan konsumsi bahan bakar meningkat lebih tajam dibanding biasanya. Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa busi sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja. Anda perlu membersihkan bagian busi tersebut agar mobil kembali normal.

Selain itu, akselerasi mobil bisa terasa jauh lebih berat saat mobil membawa banyak muatan. Penyebab utamanya adalah bahan bakar yang digunakan sudah tercampur dengan oli. Tidak hanya itu saja, bahan tambahan yang digunakan terkadang juga kurang pas sehingga berimbas pada mobil.

Baca Juga : Kelebihan Headlamp Motor Memakai LED

Saat Mobil Mati, Kondisinya Juga Terganggu

Tidak hanya saat mobil dalam keadaan berjalan saja, kondisi yang buruk juga bisa dialami saat mobil dalam keadaan mati. Selain ditandai dengan kondisi aneh saat mobil sedang beroperasi, Anda bisa melihat bagaimana keadaan busi ini dari pergantian warna pada busi saat mobil dalam keadaan mati.

Warna busi akan berubah menjadi kecoklatan jika sudah lama, dimana hal tersebut menandakan bahwa busi sudah aus dan waktunya mengganti. Berbeda dengan warna busi yang menjadi agak kemerahan. Warna ini mengindikasikan bahwa mesin mobil tersebut sudah terlalu panas.

Sulit Di Starter atau Dihidupkan

Saat Anda akan menghidupkan mobil, mobil kadang lebih sulit menyala. Hal ini bisa jadi dipengaruhi oleh busi yang sudah mulai usang. Busi mobil memang memiliki pengaruh penting terhadap performa kendaraan. Tanpa busi yang ‘sehat’, mobil juga akan mengalami berbagai gangguan atau kerusakan.

Kendala lain yang juga mungkin dialami adalah, saat berada di RPM rendah mobil menjadi tidak stabil. Getaran pada mesin juga akan terasa tidak nyaman dan aneh. Hal seperti ini sudah menjadi pertanda umum bahwa Anda harus segera mengganti busi dengan yang baru.

Menjadi Tidak Peka atau Kurang Responsif

Pernah mengalami kondisi dimana mobil mendadak menjadi tidak peka atau kurang responsif? Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan oleh bagian busi yang sudah aus dan perlu diganti.  Disini, tarikan pada mobil biasanya menjadi lebih berat dan tidak lagi responsif.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/106147010_s1.jpg

Apa Itu Oli Palsu?

Beredarnya oli palsu membuat pemilik kendaraan roda empat atau roda dua harus terus waspada. Khususnya bagi Anda yang tidak pernah mengecek kemasan oli dan hanya mempercayakan kepa...

selengkapnya