Tips & Trik

Ingat, Tak Semua Pelek Racing Bisa Dipasang Ban Tubeless!

Mungkin ada dari Anda, para pengendara sepeda motor, yang belum tahu bahwa tidak semua pelek palang sepeda motor atau biasa juga disebut pelek racing, bisa dipasang ban tubeless. Kenapa tidak semua bisa dipasang  ban tubeless? Karena pelek racing untuk ban tubeless memiliki spesifikasi tersendiri. Pelek racing  khusus ban tubeless umumnya punya tulisan "For Tubeless" atau memiliki kode MT sebelum lebar pelek.

Contohnya, MT1.65, kode MT itu menandakan pelek racing bisa untuk tubeless. Kode ini bukan sembarangan karena pabrikan pelek pun tidak berani memasang ban tubeless jika tidak ada kode itu. Namun sayang, masih cukup banyak orang yang kurang atau belum paham mengenai kode pelek untuk ban tubeless. 

Mereka yang nekat memasang ban tubeless padahal peleknya tidak cocok untuk dipasang ban tubeless biasanya akan mendapati ban tubeless yang baru saja dibelinya bocor halus. Tidak sedikit dari mereka yang mengeluh  baru dua minggu membeli ban tubeless baru tapi sudah bocor alus. Ternyata penyebabnya bukan dari kualitas ban tubeless itu sendiri melainkan karena memakai pelek racing tapi bukan peruntukan untuk memakai tubeless sehingga terjadilah bocor halus.

Hal ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan karena ternyata sampai saat ini beberapa pedagang pelek aftermarket juga belum tahu mengenai hal tersebut. Jadi langkah aman yang sebaiknya Anda ambil sebelum memutuskan untuk mengganti ban motor dengan ban tubeless adalah dengan berkonsultasi langsung dengan mekanik Suzuki di bengkel resmi Suzuki.

Mekanik handal Suzuki akan menjelaskan sejelas-jelasnya apakah aman ban motor Suzuki kesayangan Anda diganti dengan ban tubeless. Dengan begitu, Anda bisa merasa yakin apakah bisa menggantinya atau sebaiknya tidak. 

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Berita Lainnya