Tips & Trik

Bukan Hanya Terang Saja, Ini Kelebihan Lampu LED Motor

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/suzuki_gsx.jpg

Para pengemudi sepeda motor akhir-akhir ini pasti melihat perbedaan lampu yang banyak digunakan pada motor keluaran baru. Kebanyakan motor baru menggunakan lampu berwarna putih dan bukan lampu kuning. 

Lampu utama atau high beam pada sepeda motor adalah komponen penerang yang penting untuk dipasang. Lampu LED motor adalah jenis lampu yang kini banyak digunakan pada kendaraan roda dua modern ini. 

Mengapa kini banyak lampu LED digunakan daripada lampu bohlam yang kuning? Bukankah lampu LED yang berwarna putih justru membuat silau pengendara lainnya? Perdebatan mengenai jenis lampu ini pun terus muncul. 

Baca Juga : Ini Fungsi Intake Air Temperature Sensor & Cara Kerjanya

Ada alasan tertentu mengapa lampu LED kini justru banyak digunakan pada sepeda motor. Anda bisa mengenali kelebihan dan kekurangannya di sini. 

Mengapa Lampu LED Motor Kini Banyak Digunakan? 

Lampu LED atau Light Emitting Diode adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda. Baik high beam atau low beam pada sepeda motor menggunakan jenis lampu LED ini. 

Kepopuler lampu LED pun semakin meningkat karena terkenal dengan kualitas pencahayaannya yang lebih terang. Lampu ini merupakan hasil pengembangan dari lampu haligen dan HID. 

Baca Juga : Ini yang Terjadi Saat Mobil Pakai Oli Palsu dalam Jangka Panjang

Yang menyebabkan lampu LED motor banyak digunakan saat ini tidak terlepas dari kelebihannya. Bahkan hampir semua pabrikan motor menggunakan jenis lampu ini. Apa saja kelebihan lampu LED yang membuatnya banyak digunakan?

 

lampu_led_motor(2)

Baca Juga : Sekring Motor: Fungsi, Jenis, dan Penyebab Sering Putus

 

Kelebihan Lampu LED yang Didapatkan 

Perbedaan utama yang dihasilkan dari lampu LED dan bohlam adalah soal warna. Lampu bohlam terkenal dengan warnanya yang cenderung kuning sedangkan LED berwarna putih. Beberapa kelebihan lampu LED motor berikut ini yang membuatnya lebih dipilih. 

    1. Terkenal Awet

Satu hal yang terkenal dari lampu LED adalah keawetannya. Hal ini disebabkan karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika biasanya Anda menggunakan lampu bohlam dan harus sering ganti, kini tidak lagi. 

Kebanyakan lampu bohlam akan menjadi panas ketika lampu dinyalakan terus menerus. Panas inilah yang sering membuat lampu bohlam motor putus. Kini dengan penggunaan lampu LED masalah lampu putus tak akan terjadi. 

Kelebihan dari lampu LED sendiri adalah mampu mengontrol suhu panas yang dikeluarkan saat bekerja menciptakan cahaya. Walaupun lampu dihidupkan dalam waktu lama, Anda tak perlu takut lampu akan rusak. 

    2. Tak Perlu Banyak Perawatan

Sering mengganti high beam tentu akan membuat Anda tekor. Padahal lampu adalah komponen penting, apalagi jika Anda sering berkendara di malam hari. Untungnya jika kendaraan Anda menggunakan lampu LED, tidak banyak perawatan yang perlu dilakukan. 

Sifatnya yang awet akan membuat Anda tidak terlalu sering membeli lampu yang baru. Anda hanya perlu mengikuti servis motor secara rutin untuk mengecek kondisi lampu. Jadi Anda tak perlu takut harus keluar banyak biaya karena sering mengganti lampu.

    3. Pencahayaan yang Lebih Terang dan Fokus

Bagaimana tentang pencahayaan lampu LED motor? Masih banyak yang berdebat soal ini karena merasa lampu tidak bisa memberikan terang maksimal. Jika motor Anda menggunakan lampu LED asli, sorotan sinar justru lebih terang. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya