Tips & Trik

Bukan Hanya Terang Saja, Ini Kelebihan Lampu LED Motor

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2021

Suzuki Gsx

Para pengemudi sepeda motor akhir-akhir ini pasti melihat perbedaan lampu yang banyak digunakan pada motor keluaran baru. Kebanyakan motor baru menggunakan lampu berwarna putih dan bukan lampu kuning. 

Lampu utama atau high beam pada sepeda motor adalah komponen penerang yang penting untuk dipasang. Lampu LED motor adalah jenis lampu yang kini banyak digunakan pada kendaraan roda dua modern ini. 

Mengapa kini banyak lampu LED digunakan daripada lampu bohlam yang kuning? Bukankah lampu LED yang berwarna putih justru membuat silau pengendara lainnya? Perdebatan mengenai jenis lampu ini pun terus muncul. 

Ada alasan tertentu mengapa lampu LED kini justru banyak digunakan pada sepeda motor. Anda bisa mengenali kelebihan dan kekurangannya di sini. 

Mengapa Lampu LED Motor Kini Banyak Digunakan? 

Lampu LED atau Light Emitting Diode adalah jenis lampu yang terdiri dari susunan pancaran diode. Dibuat dari bahan semikonduktor dan masih sejenis dengan dioda. Baik high beam atau low beam pada sepeda motor menggunakan jenis lampu LED ini. 

Kepopuler lampu LED pun semakin meningkat karena terkenal dengan kualitas pencahayaannya yang lebih terang. Lampu ini merupakan hasil pengembangan dari lampu haligen dan HID. 

Yang menyebabkan lampu LED motor banyak digunakan saat ini tidak terlepas dari kelebihannya. Bahkan hampir semua pabrikan motor menggunakan jenis lampu ini. Apa saja kelebihan lampu LED yang membuatnya banyak digunakan?

 

Baca Juga : Apa Itu Oli Palsu?

lampu_led_motor(2)

 

Kelebihan Lampu LED yang Didapatkan 

Perbedaan utama yang dihasilkan dari lampu LED dan bohlam adalah soal warna. Lampu bohlam terkenal dengan warnanya yang cenderung kuning sedangkan LED berwarna putih. Beberapa kelebihan lampu LED motor berikut ini yang membuatnya lebih dipilih. 

    1. Terkenal Awet

Satu hal yang terkenal dari lampu LED adalah keawetannya. Hal ini disebabkan karena daya yang dibutuhkan oleh lampu cenderung kecil. Jika biasanya Anda menggunakan lampu bohlam dan harus sering ganti, kini tidak lagi. 

Kebanyakan lampu bohlam akan menjadi panas ketika lampu dinyalakan terus menerus. Panas inilah yang sering membuat lampu bohlam motor putus. Kini dengan penggunaan lampu LED masalah lampu putus tak akan terjadi. 

Kelebihan dari lampu LED sendiri adalah mampu mengontrol suhu panas yang dikeluarkan saat bekerja menciptakan cahaya. Walaupun lampu dihidupkan dalam waktu lama, Anda tak perlu takut lampu akan rusak. 

    2. Tak Perlu Banyak Perawatan

Sering mengganti high beam tentu akan membuat Anda tekor. Padahal lampu adalah komponen penting, apalagi jika Anda sering berkendara di malam hari. Untungnya jika kendaraan Anda menggunakan lampu LED, tidak banyak perawatan yang perlu dilakukan. 

Sifatnya yang awet akan membuat Anda tidak terlalu sering membeli lampu yang baru. Anda hanya perlu mengikuti servis motor secara rutin untuk mengecek kondisi lampu. Jadi Anda tak perlu takut harus keluar banyak biaya karena sering mengganti lampu.

    3. Pencahayaan yang Lebih Terang dan Fokus

Bagaimana tentang pencahayaan lampu LED motor? Masih banyak yang berdebat soal ini karena merasa lampu tidak bisa memberikan terang maksimal. Jika motor Anda menggunakan lampu LED asli, sorotan sinar justru lebih terang. 

Cahaya yang dihasilkan bahkan bisa menyorot lebih jauh ke arah jalanan. Penyebabnya adalah adanya arus DC atau direct current yang dihasilkan lampu jadi lebih stabil. Sangat berbeda dengan lampu dengan arus AC yang lebih boros tenaga dan terangnya tergantung putaran mesin. 

Soal fokus, LED jauh lebih baik dibandingkan bohlam. Karena lampu ini akan menyinari dengan lebih fokus dan objek akan tampak realistis. Hal ini jugalah yang menjadikan lampu LED berwarna terang dan netral. 

    4. Tahan dengan Goncangan

Keawetan lampu LED didukung juga dengan ketahanannya terhadap guncangan. Sebagai komponen dari elektronik solid state, lampu LED lebih tahan jika terjadi guncangan saat berkendara. 

Penempatan lampu ke dalam kap lampu juga sangat praktis karena bentuknya yang kecil. Tidak dibutuhkan ruangan terlalu besar pada motor untuk menempatkan lampu LED. 

    5. Efisiensi Energi yang Lebih Tinggi

Daya yang digunakan untuk menyalakan lampu LED tidak terlalu besar sehingga lebih efisien. Sebagai contoh lampu LED hanya perlu 11 - 14 volt saja yang bisa dinyalakan selama 20 ribu jam. 

Berbeda dengan lampu bohlam yang perlu daya sebesar 35 watt untuk menyalakan lampu selama 500 jam. Perbandingan yang sangat jauh jika ingin menghemat daya. 

Satu lagi yang tak terlupakan adalah lampu LED motor memperlihatkan kesan yang elegan. Tak heran jika semua motor keluaran baru memanfaatkan  jenis lampu LED motor. 

Kekurangan Lampu LED yang Perlu Diperhatikan 

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Kekurangan ini membuat Anda harus berhati-hati ketika berkendara dengan lampu LED. Apa saja kekurangannya bisa disimak berikut ini. 

    1. Tampilan Pencahayan yang Cenderung Silau

Jika ada orang yang berlawanan arah melihat ke arah lampu motor Anda, maka biasanya komentarnya adalah terlalu silau. Memang benar jika motor dengan lampu LED bisa menimbulkan efek silau. 

Baca Juga : Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

Selain silau karena pencahayaan lampu, posisi pemasangan lampu juga mempengaruhi. Suatu hal yang salah jika Anda memasang lampu dalam posisi mendongak. Posisi ini akan sangat mengganggu pengendara lainnya. 

    2. Tidak Bisa Menyinari di Cuaca Berkabut

Walaupun fokus dan cukup terang, tapi lampu LED motor tidak bisa digunakan saat cuaca berkabut. Alasannya karena lampu tidak bisa memberikan sinar yang terang. Bahkan ketika lampu yang Anda gunakan berkualitas tinggi sekali pun. 

Fokus dari pencahayaan akan hilang dan Anda akan sulit melihat jarak 1 meter ke depan. 

    3. Harga Lampu yang Cukup Mahal

Lampu LED terkenal sangat berkualitas, hanya saja harga yang dipatok di pasaran cukup mahal. Siapa yang tak ingin menggunakan produk berkualitas? Pastikan saja Anda mengetahui standar harga lampu LED kemudian tambahkan dengan biaya pemasangan. 

Tipe Lampu LED yang Bisa Digunakan pada Motor 

Apabila terjadi kerusakan pada lampu LED motor, Anda tidak bisa sembarangan menggantinya. Ada beberapa tipe lampu yang harus disesuaikan dengan sistem yang tersamarkan pada kendaraan. 

Berikut jenis-jenis lampu LED yang bisa digunakan. 

  1. LED COB, jenis lampu yang berbentuk pipih dan memberikan cahaya menyebar tidak pekat. Harganya juga paling murah. 
  2. LED Luxeon, jenis lampu yang berbentuk angel eyes. Memiliki fokus lebih baik tetap tidak bisa memancarkan terlalu jauh. 
  3. LED Cree, merupakan jenis lampu yang membutuhkan daya kecil namun cahaya yang dihasilkan paling bagus. 

Pastikan Anda menggunakan salah satu jenis lampu LED yang tepat agar bisa nyaman berkendara, khususnya di malam hari. Lampu LED sendiri cukup sulit untuk dideteksi jika ingin mati. 

Berbeda dengan bohlam yang langsung mati atau tanda-tanda redup artinya perlu diganti. Jika Anda mendapati keanehan pada cahaya yang dihasilkan, sebaiknya segera cek atau ganti komponen lampu LED di bengkel Suzuki resmi terdekat. 

Pastikan sepeda motor Anda menggunakan Suzuki Genuine Parts yang selalu tersedia di bengkel resmi Suzuki. Anda juga bisa membeli komponen lampu LED langsung di aplikasi MySuzuki. 

Berita Lainnya