Tips & Trik

Bukan Hanya Terang Saja, Ini Kelebihan Lampu LED Motor

PUBLISHED DATE : 08 Mei 2021

Suzuki Gsx

Selain kelebihan, ada juga kekurangan yang perlu Anda perhatikan. Kekurangan ini membuat Anda harus berhati-hati ketika berkendara dengan lampu LED. Apa saja kekurangannya bisa disimak berikut ini. 

    1. Tampilan Pencahayan yang Cenderung Silau

Jika ada orang yang berlawanan arah melihat ke arah lampu motor Anda, maka biasanya komentarnya adalah terlalu silau. Memang benar jika motor dengan lampu LED bisa menimbulkan efek silau. 

Selain silau karena pencahayaan lampu, posisi pemasangan lampu juga mempengaruhi. Suatu hal yang salah jika Anda memasang lampu dalam posisi mendongak. Posisi ini akan sangat mengganggu pengendara lainnya. 

    2. Tidak Bisa Menyinari di Cuaca Berkabut

Walaupun fokus dan cukup terang, tapi lampu LED motor tidak bisa digunakan saat cuaca berkabut. Alasannya karena lampu tidak bisa memberikan sinar yang terang. Bahkan ketika lampu yang Anda gunakan berkualitas tinggi sekali pun. 

Fokus dari pencahayaan akan hilang dan Anda akan sulit melihat jarak 1 meter ke depan. 

    3. Harga Lampu yang Cukup Mahal

Lampu LED terkenal sangat berkualitas, hanya saja harga yang dipatok di pasaran cukup mahal. Siapa yang tak ingin menggunakan produk berkualitas? Pastikan saja Anda mengetahui standar harga lampu LED kemudian tambahkan dengan biaya pemasangan. 

Tipe Lampu LED yang Bisa Digunakan pada Motor 

Baca Juga : Ternyata Ini Pengaruh Per CVT Lemah dan Cirinya

Apabila terjadi kerusakan pada lampu LED motor, Anda tidak bisa sembarangan menggantinya. Ada beberapa tipe lampu yang harus disesuaikan dengan sistem yang tersamarkan pada kendaraan. 

Berikut jenis-jenis lampu LED yang bisa digunakan. 

  1. LED COB, jenis lampu yang berbentuk pipih dan memberikan cahaya menyebar tidak pekat. Harganya juga paling murah. 
  2. LED Luxeon, jenis lampu yang berbentuk angel eyes. Memiliki fokus lebih baik tetap tidak bisa memancarkan terlalu jauh. 
  3. LED Cree, merupakan jenis lampu yang membutuhkan daya kecil namun cahaya yang dihasilkan paling bagus. 

Pastikan Anda menggunakan salah satu jenis lampu LED yang tepat agar bisa nyaman berkendara, khususnya di malam hari. Lampu LED sendiri cukup sulit untuk dideteksi jika ingin mati. 

Berbeda dengan bohlam yang langsung mati atau tanda-tanda redup artinya perlu diganti. Jika Anda mendapati keanehan pada cahaya yang dihasilkan, sebaiknya segera cek atau ganti komponen lampu LED di bengkel Suzuki resmi terdekat. 

Pastikan sepeda motor Anda menggunakan Suzuki Genuine Parts yang selalu tersedia di bengkel resmi Suzuki. Anda juga bisa membeli komponen lampu LED langsung di aplikasi MySuzuki. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya