Tips & Trik

Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/silinder_mobil.jpg

Terdapat banyak sekali fungsi dari blok silinder mobil. Salah satu fungsi utamanya yaitu sebagai tempat atau ruang untuk naik turunnya piston. 

Namun, selain itu masih banyak fungsi lainnya dari komponen satu ini. Nah, jika Anda penasaran, mari simak ulasan tentang pengertian, fungsi, dan komponen-komponen yang ada di dalamnya berikut. 

Pengertian  Blok Silinder Mobil

Pengertian dari blok silinder atau cylinder block yaitu komponen penting dalam rangkaian mesin mobil dan merupakan komponen terbesar yang ada di mesin. Oleh karena itu, komponen ini menjadi penopang atau dudukan untuk komponen mesin lainnya. 

Baca Juga : Lebih Ceper, Ini Plus Minus Air Suspension Mobil

Contoh komponen mesin lain yang ditopang yaitu poros engkol, kepala silinder, piston, dan lainnya. Komponen-komponen tersebut berada tepat di bawah, di samping, di atas, dan di dalamnya. 

Komponen berbentuk silinder ini juga terdiri dari sejumlah silinder lain yang berfungsi sebagai tempat bekerja piston. Satu blok bisa terdiri dari 1 hingga 2 silinder. 

Fungsi Blok Silinder Mobil

Komponen satu ini memang memiliki banyak fungsi yang penting untuk kendaraan mobil. Nah, setelah Anda mengetahui pengertiannya, mari simak fungsi dari komponen mobil tersebut berikut ini.

  1. Sebagai Tempat Naik Turunnya Piston

Baca Juga : Apa Itu Gasket? Ketahui Fungsi dan Manfaatnya Disini

Fungsi  blok silinder yang pertama yaitu sebagai tempat atau dudukan untuk naik turunnya piston. Jadi, bentuk dari lubang silinder akan menyesuaikan bentuk piston. 

Selanjutnya, piston akan naik turun di dalam lubang silinder tersebut. Agar piston bekerja dengan baik, maka lubang silinder harus selalu halus dan licin. Apabila permukaan lubang silinder kasar, maka piston akan bergerak lebih berat dan akan mempengaruhi kinerja mesin. 

  1. Sebagai Tempat Mengarahkan Energi Pembakaran

Setiap mesin kendaraan pasti menghasilkan energi yang didapat dari proses pembakaran.  Energi yang dihasilkan yaitu energi ekspansi atau disebut juga daya dorong. Nah, energi ekspansi ini yang akan diarahkan oleh komponen mobil satu ini untuk menggerakkan piston. 

Baca Juga : Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tandanya Mulai Bermasalah

Energi ekspansi pada mesin mobil tidaklah kecil, sehingga komponen mobil satu ini terbuat dari material solid. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kelenturan atau deformasi dari komponen tersebut. 

  1. Sebagai Tempat Mekanisme Engkol 

Mekanisme engkol memiliki dua komponen yaitu connecting rod dan poros engkol. Kedua komponen tersebut terletak di blok silinder. Mekanisme engkol ini mampu membalikkan piston ke atas. 

Hal ini bisa terjadi karena prinsip dari mekanisme engkol mirip dengan engkol sepeda, sehingga terciptalah energi putar pada mesin. 

  1. Tempat saluran pendingin 

Fungsi lainnya dari komponen satu ini yaitu dapat mengeluarkan panas dari dalam mesin menuju keluar. Dengan demikian, suhu pada mesin mobil menjadi lebih dingin. Fungsi ini hanya terdapat pada mobil yang tidak menggunakan radiator sebagai sistem pendingin. 

  1. Tempat saluran oli pelumas 

Fungsi blok silinder mobil juga sebagai saluran oli pelumas untuk sistem pelumasan mesin. Pelumas ini bertujuan untuk menjaga mesin lebih awet dan tidak cepat aus. 

  1. Berfungsi sebagai mainframe mesin

Fungsi lainnya dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan komponen mesin lainnya. Hal ini yang menyebabkan bentuk dari blok mesin ini terdiri dari banyak lekukan. 

Lekukan-lekukan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan bentuk dari komponen lainnya yang akan terpasang di blok mesin. 

  1. Tempat meletakan nomor mesin

Karena perannya sebagai mainframe engine atau mesin, maka ID mesin atau nomor mesin diletakkan pada blok ini. Selain itu, alasan peletakan ID mesin di blok mesin ini karena komponen ini jarang sekali untuk diganti. 

  1. Sebagai tempat proses pembakaran 
Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya