Tips & Trik

Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2021

Silinder Mobil

Fungsi lainnya dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan komponen mesin lainnya. Hal ini yang menyebabkan bentuk dari blok mesin ini terdiri dari banyak lekukan. 

Lekukan-lekukan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan bentuk dari komponen lainnya yang akan terpasang di blok mesin. 

  1. Tempat meletakan nomor mesin

Karena perannya sebagai mainframe engine atau mesin, maka ID mesin atau nomor mesin diletakkan pada blok ini. Selain itu, alasan peletakan ID mesin di blok mesin ini karena komponen ini jarang sekali untuk diganti. 

  1. Sebagai tempat proses pembakaran 

Blok mesin ini juga berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran bahan bakar dalam mesin.

  1. Sebagai tempat silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel 

Fungsi yang tak kalah penting dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan untuk silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel. Silinder liner atau disebut juga sebagai boring merupakan komponen berdinding halus yang berfungsi untuk menggerakan piston. 

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Aki Lemah Pada Motor Injeksi

Selain itu, silinder liner juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam blok mesin dari gesekan piston. Selanjutnya, kepala silinder merupakan komponen yang bekerjasama dengan blok mesin untuk melakukan proses pembakaran. 

Disamping itu, fly wheel merupakan komponen yang terletak di samping blok silinder. Fungsi dari fly wheel  yaitu menyimpan dan meredam perubahan putaran yang terjadi di mesin, sehingga pergerakan putaran mesin tetap stabil.

blok_silinder_mobil

Komponen-komponen Blok Silinder Mobil

Komponen blok silinder terdiri dari silinder-silinder lainnya. Jumlah dari silinder tersebut juga berbeda-beda di setiap mesin. Perbedaan ini tergantung dari kapasitas mesin itu sendiri. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang komponen dari cylinder block, simak ulasannya berikut ini. 

  1. Silinder 

Komponen pertama yang ada di cylinder block adalah silinder. Silinder merupakan lubang di mana piston bekerja. Terdapat juga lapisan khusus bernama cylinder liner yang terbuat dari bahan berbeda dengan cylinder block. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya