Tips & Trik

Mari Mengenal Fungsi Blok Silinder Mobil dan Komponennya

PUBLISHED DATE : 23 Juli 2021

Silinder Mobil

Terdapat banyak sekali fungsi dari blok silinder mobil. Salah satu fungsi utamanya yaitu sebagai tempat atau ruang untuk naik turunnya piston. 

Namun, selain itu masih banyak fungsi lainnya dari komponen satu ini. Nah, jika Anda penasaran, mari simak ulasan tentang pengertian, fungsi, dan komponen-komponen yang ada di dalamnya berikut. 

Pengertian  Blok Silinder Mobil

Pengertian dari blok silinder atau cylinder block yaitu komponen penting dalam rangkaian mesin mobil dan merupakan komponen terbesar yang ada di mesin. Oleh karena itu, komponen ini menjadi penopang atau dudukan untuk komponen mesin lainnya. 

Contoh komponen mesin lain yang ditopang yaitu poros engkol, kepala silinder, piston, dan lainnya. Komponen-komponen tersebut berada tepat di bawah, di samping, di atas, dan di dalamnya. 

Komponen berbentuk silinder ini juga terdiri dari sejumlah silinder lain yang berfungsi sebagai tempat bekerja piston. Satu blok bisa terdiri dari 1 hingga 2 silinder. 

Fungsi Blok Silinder Mobil

Komponen satu ini memang memiliki banyak fungsi yang penting untuk kendaraan mobil. Nah, setelah Anda mengetahui pengertiannya, mari simak fungsi dari komponen mobil tersebut berikut ini.

  1. Sebagai Tempat Naik Turunnya Piston

Fungsi  blok silinder yang pertama yaitu sebagai tempat atau dudukan untuk naik turunnya piston. Jadi, bentuk dari lubang silinder akan menyesuaikan bentuk piston. 

Selanjutnya, piston akan naik turun di dalam lubang silinder tersebut. Agar piston bekerja dengan baik, maka lubang silinder harus selalu halus dan licin. Apabila permukaan lubang silinder kasar, maka piston akan bergerak lebih berat dan akan mempengaruhi kinerja mesin. 

  1. Sebagai Tempat Mengarahkan Energi Pembakaran

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Alternator dan Komponennya

Setiap mesin kendaraan pasti menghasilkan energi yang didapat dari proses pembakaran.  Energi yang dihasilkan yaitu energi ekspansi atau disebut juga daya dorong. Nah, energi ekspansi ini yang akan diarahkan oleh komponen mobil satu ini untuk menggerakkan piston. 

Energi ekspansi pada mesin mobil tidaklah kecil, sehingga komponen mobil satu ini terbuat dari material solid. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kelenturan atau deformasi dari komponen tersebut. 

  1. Sebagai Tempat Mekanisme Engkol 

Mekanisme engkol memiliki dua komponen yaitu connecting rod dan poros engkol. Kedua komponen tersebut terletak di blok silinder. Mekanisme engkol ini mampu membalikkan piston ke atas. 

Hal ini bisa terjadi karena prinsip dari mekanisme engkol mirip dengan engkol sepeda, sehingga terciptalah energi putar pada mesin. 

  1. Tempat saluran pendingin 

Fungsi lainnya dari komponen satu ini yaitu dapat mengeluarkan panas dari dalam mesin menuju keluar. Dengan demikian, suhu pada mesin mobil menjadi lebih dingin. Fungsi ini hanya terdapat pada mobil yang tidak menggunakan radiator sebagai sistem pendingin. 

  1. Tempat saluran oli pelumas 

Fungsi blok silinder mobil juga sebagai saluran oli pelumas untuk sistem pelumasan mesin. Pelumas ini bertujuan untuk menjaga mesin lebih awet dan tidak cepat aus. 

  1. Berfungsi sebagai mainframe mesin

Fungsi lainnya dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan komponen mesin lainnya. Hal ini yang menyebabkan bentuk dari blok mesin ini terdiri dari banyak lekukan. 

Lekukan-lekukan tersebut bertujuan untuk menyesuaikan bentuk dari komponen lainnya yang akan terpasang di blok mesin. 

  1. Tempat meletakan nomor mesin

Karena perannya sebagai mainframe engine atau mesin, maka ID mesin atau nomor mesin diletakkan pada blok ini. Selain itu, alasan peletakan ID mesin di blok mesin ini karena komponen ini jarang sekali untuk diganti. 

  1. Sebagai tempat proses pembakaran 

Blok mesin ini juga berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembakaran bahan bakar dalam mesin.

  1. Sebagai tempat silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel 

Fungsi yang tak kalah penting dari blok mesin yaitu sebagai tempat dudukan untuk silinder liner, kepala silinder, dan fly wheel. Silinder liner atau disebut juga sebagai boring merupakan komponen berdinding halus yang berfungsi untuk menggerakan piston. 

Selain itu, silinder liner juga berfungsi untuk melindungi bagian dalam blok mesin dari gesekan piston. Selanjutnya, kepala silinder merupakan komponen yang bekerjasama dengan blok mesin untuk melakukan proses pembakaran. 

Disamping itu, fly wheel merupakan komponen yang terletak di samping blok silinder. Fungsi dari fly wheel  yaitu menyimpan dan meredam perubahan putaran yang terjadi di mesin, sehingga pergerakan putaran mesin tetap stabil.

blok_silinder_mobil

Komponen-komponen Blok Silinder Mobil

Komponen blok silinder terdiri dari silinder-silinder lainnya. Jumlah dari silinder tersebut juga berbeda-beda di setiap mesin. Perbedaan ini tergantung dari kapasitas mesin itu sendiri. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang komponen dari cylinder block, simak ulasannya berikut ini. 

  1. Silinder 

Komponen pertama yang ada di cylinder block adalah silinder. Silinder merupakan lubang di mana piston bekerja. Terdapat juga lapisan khusus bernama cylinder liner yang terbuat dari bahan berbeda dengan cylinder block. 

Bahan dari cylinder liner memiliki karakteristik yang lebih halus, sehingga berfungsi untuk mengurangi gesekan antara dinding silinder dan piston. Namun, bahan dari cylinder liner ini juga tidak halus sekali karena juga berfungsi sebagai tempat menempelnya oli. 

Namun, dinding silinder juga tidak kasar karena apabila kasar akan menghasilkan panas dan gesekan besar yang akan membuat ring piston menjadi lebih cepat aus. 

  1. Saluran Minyak 

Baca Juga : Perbedaan 3 Jenis Rem Cakram: Fix, Semi Floating & Floating

Di dalam cylinder block juga terdapat saluran minyak. Saluran minyak adalah jalan untuk oli agar dapat memberikan pelumas pada kepala silinder dan komponen lainnya. Selanjutnya, oli yang ada di kalter atau bak oli akan dipompa hingga naik ke saluran minyak ini. 

Oli juga akan disalurkan menuju kepala silinder, crankshaft, hingga filter oli untuk dilakukan penyaringan. Oleh karena itu, filter oli dan sensor tekanan oli juga terdapat di cylinder block 

  1. Water Jacket 

Water jacket juga salah satu komponen mesin lainnya yang ada di cylinder block. Saat mesin mobil bekerja, maka panas yang dihasilkan dari proses pembakaran dan piston yang akan diterima oleh dinding silinder. 

Kemudian, dinding silinder akan menyalurkan panas tersebut ke water jacket. Selanjutnya, panas tersebut akan dipindahkan ke radiator untuk pendinginan. Oleh karena itu, cylinder block harus dapat memiliki sifat penghantar panas yang baik. 

Namun, water jacket ini sudah dibuat dengan bahan yang memiliki sifat menyerap panas dengan maksimal, sehingga dapat mencegah adanya uap atau udara pada sistem pendinginan. 

  1. Engine Mounting

Komponen lainnya yang ada di cylinder block yaitu engine mounting. Engine mounting memiliki fungsi sebagai pengait mesin dengan chasis. Selain itu, adanya karet yang ditambahkan juga berfungsi untuk meredam getaran dari mesin mobil. 

  1. Crankcase

Crankcase disebut juga sebagai bak engkol. Bak engkol merupakan tempat untuk poros engkol yang terletak pada bagian bawah cylinder block. Terdapat juga lekukan di bak engkol ini yang berfungsi sebagai tempat atau dudukan untuk poros engkol dan bantalan poros engkol. 

Nah, itulah ulasan tentang pengertian, fungsi, dan komponen-komponen dari blok silinder yang perlu Anda ketahui.

Agar blok silinder mobil Anda tetap terawat, maka lakukan perawatan rutin ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Penggantian spare part juga disarankan dilakukan di sana. 

Berita Lainnya