Tips & Trik

Kaca Helm Lecet? Coba Lakukan Tips Ini!

Kaca helm atau sering juga disebut dengan visor memiliki fungsi sebagai pelindung wajah dan juga mata pengendara motor dari debu, kotoran, air hujan, dan sinar matahari yang terik. Kaca helm merupakan salah satu bagian penting pada helm yang sering terkena benturan.

Apa penyebabnya? Ada macam-macam, mulai dari mengelap kaca dengan kain kasar, terjatuh, penempatan helm yang kurang tepat, mengosok terlalu keras dan lain-lain. Apa solusinya? Ikuti langkah untuk mengatasi goresan kaca di helm berikut ini.

  1. Pertama, lepaskan kaca dari helm
  2. Dilanjutkan dengan mencuci kaca helm dengan air sabun dan upayakan membilasnya di bawah air mengalir agar kotoran yang masih menempel bisa lebih cepat hilang.
  3. Selanjutnya, permukaan visor yang masih basah, diamplas perlahan dengan jenis amplas paling halus (1.500 – 2.200 SW) sembari disiram dengan air yang mengalir. Lakukan beberapa kali tahap ini, khususnya pada bagian kaca yang memiliki banyak goresan
  4. Selesai diamplas, kaca memang akan terlihat kusam. Tunggulah beberapa saat sebelum membersihkannya. Keringkan kaca helm, kemudian poles bagian kusam tadi dengan white compound. Pakailah kain katun yang halus untuk melakukan hal tersebut.

Sebeum melakukan 4 langkah di atas, ada satu hal yang wajib diperhatikan. Untuk mengetahui helm Anda tahan amplas atau tidak, coba dulu untuk mengamplas sedikit saja pada bagian pojok visor (dekat engsel). Kalau memang tahan amplas, lanjutkan proses di atas ke bagian tengah visor. Tetapi ingat, kalau goresan pada kaca helm terlalu banyak dan dalam, ada baiknya untuk menggantinya dengan kaca helm yang baru.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Berita Lainnya