Tips & Trik

Jangan Asal Murah, Wajib Kroscek Sebelum Beli Pelek Bekas!

PUBLISHED DATE : 25 April 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Jangan_Asal_Murah,_Wajib_Kroscek_Sebelum_Beli_Pelek_Bekas!1.jpg

Menjamurnya para pedagang pelek bekas seolah jadi berkah tersendiri buat Anda yang ingin tampil beda dengan pelek aftermarket. Menariknya, para pedagang pelek bekas ini kerap mematok harga yang jauh lebih murah, bahkan terkadang menerima barter dengan pelek kita.

Tapi jangan asal murah, Anda patut memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan untuk memilih pelek bekas. Pasalnya, salah pilihan bisa fatal akibatnya!

Secara umum, kualitas kondisi pelek bekas bisa dilihat secara kasat mata. Untuk melihat apakah pelek tersebut layak pakai atau tidak, Anda bisa mencari bagian sambungan pelek. Kalau menemukan ada bekas las, berarti pelek tersebut sudah pernah mengalami kerusakan parah.

Baca Juga : Segitiga Motor Bengkok : Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk memastikannya, Anda bisa meraba-raba bagian yang dicurigai bekas las. Pasalnya, serapi apapun mereka mengkirnya, tetap akan terlihat bekas las yang sedikit bergelombang.

Untuk pelek Taiwan, biasanya memiliki tingkat kekenyalan yang tinggi. Sehingga saat menghajar lobang, biasanya tidak akan retak, tapi akan peang atau penyok. Untuk mengatasinya, biasanya para pedagang akan mengakalinya dengan cara di-press ke tukang bubut.

Untuk yang satu ini, Anda harus benar-benar jeli melihat kejanggalannya. Pasalnya, terkadang pelek bekas ini akan mereka cat ulang hingga terlihat seperti baru, dan bekas press-nya akan disembunyikan hingga benar-benar tanpa jejak.

Baca Juga : Gaya Berkendara Pengaruhi Umur Busi, Benarkah?

Selain melihat kondisi pelek dan bekas las, Anda pun harus memperhatikan bagian bearing pelek tersebut. Pasalnya, jika tidak pas dengan pelek, justru bisa bermasalah dan ban akan goyang. Meskipun terlihat lebih menarik, hindari pembelian pelek berwarna. Pasalnya, bisa saja pelek pengecatan ulang ini digunakan untuk menutupi jejak cacat pada pelek, atau pelek yang sudah dimodifikasi.

Selanjutnya, Anda wajib mengecek bagian lubang baut. Pasalnya, beberapa pelek bekas kerap memiliki lubang baut yang telah ditambal dengan cara dicor. Bagaimanapun juga, bahan cor tidak bisa menyatu dengan bahan pelek yang sudah lama, dan ini pasti akan terlihat jelas.

Kalau memungkinkan, Anda bisa bertanya tentang riwayat pelek bekas ini, dan pastikan Anda membeli pelek bekas di pedagang yang sudah terpercaya!

Baca Juga : Kebiasaan Sepele yang Bikin Minyak Rem Gampang Rusak

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya