Tips & Trik

Cara Mendapatkan Komponen & Suku Cadang Sepeda Motor Suzuki

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-29.jpg

Semakin meningkatnya pengguna sepeda motor, semakin meningkat juga permintaan suku cadang. Namun hati-hati, tidak semua suku cadang sepeda motor yang beredar di pasaran baik itu di bengkel-bengkel non resmi maupun situs jual beli online adalah suku cadang yang asli

Sebenarnya bukan hal yang sulit bagi Anda untuk bisa mengenali ciri-ciri suku cadang palsu atau asli. Sayangnya banyak pemilik motor yang tidak terlalu mempersoalkan spare part motor yang mereka beli, biasanya selesai ditawarkan mereka langsung bayar dan pasang saja tanpa mengecek keasliannya. Padahal dengan sedikit lebih jeli, Anda bisa terhindar dari bahaya seperti menurunnya daya pengereman, gangguan knalpot, gangguan efisiensi bahan bakar hingga gugurnya garansi yang jadi akibat dari penggunaan suku cadang sepeda motor yang palsu. 

Cara membedakan suku cadang asli atau palsu

  • Harga 

Baca Juga : Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

Istilah ada harga ada rupa bukan pepatah semata, Anda patut curiga jika ada yang menjual suku cadang dengan sangat murah di bawah harga pasaran. Bisa jadi suku cadang tersebut adalah suku cadang palsu. Lebih baik membayar sedikit lebih mahal tapi mendapatkan barang yang jelas kualitasnya, ketimbang memilih barang murah yang bisa menjadi penyebab masalah pada sepeda motor Anda. Jangan mudah tergiur dengan harga murah yang berada di bawah pasaran. Alih-alih ingin hemat biaya malah semakin boros karena harus menanggung biaya perbaikan dari kerusakan yang lebih fatal akibat pemakaian suku cadang palsu. 

  • Kemasan

Suku cadang asli dikemas dengan baik dan dilengkapi dengan label hologram khusus dengan logo yang sulit ditiru. Sedangkan untuk suku cadang palsu, meskipun terdapat label hologram agar terkesan asli, namun terlihat buram dan tidak jelas.

Selain itu, pastikan kemasan dalam keadaan baik, tidak sobek, dan kemasan belum terbuka untuk menjamin keasliannya.

  • Cek Nomor Seri & Kode Produk

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Membeli Sepeda Motor Baru

Pada suku cadang yang asli biasanya memiliki kode produk dan juga nomor seri yang terdaftar dalam katalog. Tapi kode dan nomor seri ini bukan berarti juga tidak bisa diduplikasi para produsen suku cadang palsu. Intinya Anda harus cermati dengan seksama, biasanya produk palsu memiliki kode yang cepat hilang. 

  • Ada Garansi Resmi

Keberadaan garansi resmi juga jadi ciri utama suku cadang asli. Biasanya suku cadang palsu memiliki garansi dengan jangka waktu yang lebih singkat, sementara spare part sepeda motor suzuki yang asli biasanya lebih lama. Garansi suku cadang asli biasanya diberikan langsung oleh produsen, sementara suku cadang palsu hanya dari toko saja. 

Beli Suku Cadang Sepeda Motor Hanya di Dealer Resmi Suzuki & Aplikasi MySuzuki

Baca Juga : Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Jadi, setelah memahami ciri dari suku cadang asli dan palsu kini Anda hanya perlu mencari tempat yang benar-benar terpercaya untuk belanja komponen maupun suku cadang yang asli. Ada 2 cara untuk Anda agar bisa mendapatkan suku cadang dijamin 100% keasliannya, yaitu dengan membeli di bengkel atau dealer motor suzuki yang resmi atau di aplikasi MySuzuki. 

Di dealer atau showroom Suzuki selain bisa mendapatkan suku cadang asli, Anda juga bisa mendapatkan pelayanan terbaik dari teknisi profesional. Jangan khawatir jika terjadi kerusakan pada produk suku cadang yang baru dibeli, karena akan ada garansi resmi yang memudahkan Anda untuk menukar atau mengganti produk. Sementara itu, lewat aplikasi MySuzuki Anda bisa lebih mudah lagi untuk beli suku cadang. Cukup unduh aplikasi, cari dan pilih produk yang Anda butuhkan dan pesanan Anda akan dikirim langsung ke rumah.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/ertigaa1.jpg

Mengapa Harus Memanaskan Mobil?

Tidak memanaskan mobil setiap hari memang tidak menimbulkan resiko kerusakan pada kendaraan kesayangan Anda. Namun kegiatan memanaskan mobil tetap perlu dilakukan meskipun tidak se...

selengkapnya
https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-28-(1)-(1)-(1)-(1)-(1)-(1).jpg

Cara Kerja Mesin Tempel Kapal

Suzuki Indomobil Sales tak hanya menghadirkan produk-produk kendaraan roda 4 dan roda 2 terbaik tapi juga menangani penjualan mesin Outboard Motor (OBM) lewat unit bisnis Suzuki Ma...

selengkapnya