Tips & Trik

Ternyata Banyak, Ini Dia Jenis-jenis Lampu Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/lampu_depan_suzuki_xl7.png

Sekarang ini fungsi lampu mobil bukan hanya sebagai penerang saja. Tetapi sudah berkembang menjadi aksesoris yang mempercantik penampilan mobil. Ada banyak jenis lampu mobil yang bisa dijadikan pilihan, baik untuk fungsi utama sebagai penerang ataupun digunakan untuk aksesoris tambahan.

Selama ini orang mengenal lampu mobil hanya sebatas pada fungsi utama. Seiring perkembangan zaman, utamanya di dunia otomotif, ada banyak dijumpai berbagai jenis lampu untuk mobil. Fungsi dari lampu mobil pun juga bermacam-macam. Apa saja jenis dan fungsi lampu mobil? Berikut ini pembahasannya.

Mengenal Beragam Lampu Mobil Secara Umum

Baca Juga : Jarang Yang Tahu, Fungsi Ecu Motor Pada Kendaraan Injeksi

33592675_s

Perkembangan teknologi memang sudah sedemikian pesat. Hal tersebut berdampak pada berbagai bidang, termasuk diantaranya juga pada dunia otomotif. Berbagai kecanggihan teknologi turut memberi imbas pada perkembangan dunia otomotif.

Kalau  dahulu orang memiliki sebuah mobil adalah sebagai sarana kebutuhan transportasi, sekarang ini fungsi mobil sudah berubah. Kadang seseorang membeli mobil hanya untuk sebuah koleksi saja. Akibatnya, hal tersebut juga berimbas pada cara orang merawat dan menggunakan mobil tersebut.

Baca Juga : Bahaya Paksakan Pakai Minyak Rem Motor di Luar Spesifikasi

Memiliki mobil sebagai sarana transportasi, maka kelengkapan  komponen mobil tentunya  juga sebatas pada kebutuhan sebagai alat transportasi. Tetapi lain halnya bila fungsi mobil adalah sebagai koleksi, maka komponen yang ditambahkan lebih pada nilai artistik atau keindahan selain fungsi utama.

Demikian juga terdapat pada komponen lampu mobil. Lampu merupakan bagian komponen dari mobil yang memiliki fungsi penting.

Selain sebagai sarana penerangan, aksesoris atau untuk mempercantik mobil, lampu mobi ternyata juga mempunyai berbagai fungsi, baik bagi pengendara maupun bagi orang lain.

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Engine Brake

Namun sebelum membahas berbagai fungsi lampu mobil, sebaiknya lebih dahulu mengetahui, varian lampu mobil yang biasa dipakai atau dipasang pada mobil. Jenis lampu mobil ini dibedakan berdasarkan bahan dan juga tingkat intensitas cahayanya. Berbagai varian lampu mobil diantaranya adalah.

  • Halogen

    Jenis lampu halogen ini merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan pada mobil. Biasanya lampu halogen ini dipasang pada penerang utama (headlamp), yaitu pada bagian depan mobil. Kekuatan yang dihasilkan oleh lampu halogen ini berkisar antara 35-55 watt.

    Lampu halogen memiliki cara kerja dengan mengoperasikan filamen pada suhu tinggi. Karena  lampu halogen ini menggunakan filamen seperti lampu pijar pada umumnya, dalam pengoperasian filamen ini dapat menghasilkan cahaya atau pijar yang lebih terang.

  • HID (High Intensity Discharge)

    Berbeda dengan lampu halogen, lampu HID dibuat tanpa menggunakan filamen. Cahaya yang ada dihasilkan dari pengapian gas Xenon yang berada di dalam tabung. Meskipun tanpa filamen, cahaya yang dihasilkan lebih terang dibandingkan dengan lampu halogen.

    Di samping itu, cahaya yang dihasilkan juga lebih tahan lama, meskipun tanpa membutuhkan daya yang tinggi. Tetapi sayangnya, penggantian lampu jenis ini membutuhkan arus listrik yang berbeda, sehingga prosesnya agak rumit karena harus menggunakan ballast untuk menyeimbangkannya.

  • LED (High Emitting Diodes)

    Lampu LED sudah lama dikenal sebagai lampu penerang dalam ruangan. Pada kendaraan bermotor, lampu jenis ini biasa digunakan untuk rem dan juga pada plat motor. Tetapi sekarang ini, lampu LED juga sering digunakan sebagai lampu utama pada kendaraan bermotor.

    Lampu LED mobil ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya, dengan daya yang lebih kecil, intensitas cahaya yang dihasilkan jauh lebih terang dan kuat, dibandingkan dengan lampu HID. Lampu ini juga mempunyai ketahanan yang lebih baik, sehingga cenderung tahan lama.

    Alasan lampu ini banyak digunakan, karena dalam pemasangannya tidak ribet,  tidak membutuhkan ballast pada pemasangannya. Namun demikian, untuk pemasangannya membutuhkan penambahan relay dan conversion kit yang biasanya sudah merupakan satu paket dalam pembelian lampu LED.

Lampu LED sendiri dibagi menjadi beberapa macam, diantaranya adalah.

  1. LED Limited, biasa digunakan sebagai lampu utama karena memiliki daya yang tinggi.
  2. LED Cree, merupakan lampu tambahan yang biasa digunakan pada rem dan juga sebagai sein.
  3. LED COB (chip and board), lampu ini merupakan susunan deretan chips dalam satu papan, dan biasa digunakan sebagai lampu kabin platform.

Jenis Lampu Mobil Berdasarkan Fungsinya

Selain dibedakan berdasarkan bahannya, lampu mobil juga dibedakan berdasarkan fungsinya. Pembagian jenis lampu mobil berdasarkan fungsinya, diantaranya adalah.

  1. Lampu Senja (Lampu Kota)

    Merupakan lampu yang harus dinyalakan saat kendaraan berjalan, meskipun cuaca sedang terang dan disiang hari. Jenis ini berada pada lampu kepala  dan akan langsung menyala saat menekan saklar utama. Dengan pertimbangan lebih irit, lampu kota sering menggunakan lampu jenis LED
  2. Lampu Tail (Stop Lamp)
    Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/rem.jpg

Mengenal Apa Itu Engine Brake

Pengoperasian mobil matic yang mudah yaitu hanya dengan mengandalkan pedal gas dan rem membuat jenis mobil ini lebih banyak diproduksi dan digunakan. Namun masih banyak yang mengal...

selengkapnya