Tips & Trik

Berapa Lama Cas Aki Mobil? Simak Penjelasannya

PUBLISHED DATE : 13 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/aki_sedang_di_cas.jpg

Aki mobil adalah bagian dari kelistrikan yang akan menjadi suplai daya listrik ke seluruh komponen mobil lain. Komponen aki ini tentu harus dirawat dengan baik, salah satu caranya adalah dengan cas aki dengan rutin. 

Tujuan dari pengecasan adalah untuk mengembalikan tegangan aki seperti semula. Namun pertanyaan yang sering dilontarkan adalah berapa lama cas aki mobil? Apakah selama mungkin sampai tegangannya kembali atau ada waktu tertentu? 

Apa saja tanda-tanda bahwa aki mobil harus dicas? Penjelasan lengkap soal lama waktu pengecasan akan dijelaskan lebih rinci berikut ini. 

Apa yang Menyebabkan Aki Mobil Harus Segera Di Cas?

Baca Juga : Sekring Motor: Fungsi, Jenis, dan Penyebab Sering Putus

Sesuai dengan tujuannya, aki mobil harus dicas secara rutin. Ada beberapa tanda yang bisa dideteksi seperti klakson mulai melemah, tegangan aki kurang sampai mobil sulit dinyalakan. 

Apabila kondisi tersebut dibiarkan, aki akan cepat rusak dan Anda pun harus menggantinya dengan yang baru. Padahal usia rata-rata dari aki mobil adalah sekitar 2 tahunan. Namun usianya akan lebih lama jika Anda melakukan perawatan dengan benar. 

Penyebab dari aki perlu dicas pun bisa berbagai macam seperti mobil mogok dalam waktu lama atau mobil tidak pernah dinyalakan. Aki merupakan komponen yang akan bersifat menyimpan daya listrik jika mesin mobil dinyalakan. 

Baca Juga : Ini yang Harus Diperhatikan Supaya Ban Dalam Tidak Terlipat

Dengan begitu pengecasan aki akan terjadi secara otomatis. Namun jika mobil saja tidak dinyalakan, maka daya yang disimpan tidak diperbaharui dan lama kelamaan akan habis.

Hal ini berkaitan dengan cara kerjanya dalam sebuah kendaraan yaitu  terdapat reaksi kimia supaya bisa terjadi recharge dan discharge. Ketika aki nantinya melepas arus, maka reaksi kimia yang terjadi mampu menghasilkan arus listrik. 

Kemudian ketika aki mengalami proses recharge atau diisi, maka keadaan semula dari reaksi kimia akan kembali berkat arus listrik. Proses recharge sendiri dilakukan otomatis ketika mesin berjalan. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Sebaiknya Jangan 'Ngirit' Oli Mesin

Namun jika ternyata daya dalam aki terlalu rendah, maka dibutuhkan pengecasan manual. Berapa lama cas aki mobil ini ditentukan dalam dua teknik dengan proses penghitungan berbeda.

aki_mobil

Dua Macam Jenis Pengisian Aki Mobil 

Saat aki dicas prosesnya tidak jauh berbeda ketika Anda sedang mengisi daya pada smartphone. Waktu pengecasan tergantung dengan besar kecilnya kapasitas dari aki. Satu hal yang perlu diperhatikan juga adalah hindari mengecas sembarangan. 

Pengecasan harus disesuaikan dengan kapasitas aki, oleh karena itulah sebaiknya Anda melakukannya di bengkel resmi. Berapa lama cas aki mobil bisa diketahui jika Anda sudah tahu berapa kapasitas aki yang satuannya adalah AH (Ampere Hour). 

Anda bisa mengeceknya pada kemasan aki di bagian samping. Di sana akan tertera berapa kapasitas yang dimilikinya. Setelah mengetahui kapasitas tersebut, lama tidaknya pengecasan juga ditentukan dari jenis pengisiannya. 

Ada dua jenis pengisian yang biasa digunakan yaitu pengisian aki cepat dan pengisian aki lambat. Berikut ini penjelasan lengkap dari masing-masing jenis pengisian serta cara menghitungnya. 

Pengisian Aki Lambat

Jenis pengisian yang pertama ini dilakukan menggunakan arus listrik yang kecil, oleh karena itu proses pengecasan akan berjalan sangat lama. Banyak orang melakukan cara ini selama semalaman jadi Anda bisa melakukannya di rumah. 

Tujuan pengisian lambat ini adalah menghindari masalah overheat dan dilakukan malam hari sampai keesokan harinya karena sangat lama. Arus maksimal yang diberikan adalah 10% sehingga aman untuk ditinggal-tinggal. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya