Tips & Trik

Apa Itu Strut Bar? Yuk Ketahui Fungsinya Disini

PUBLISHED DATE : 19 November 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/18__xl7_(2).png

Pernah mendengar istilah Strut Bar? Jika belum, Anda bisa menemukan komponen ini saat membuka kap mesin. Anda akan melihat batang besi yang menghubungkan antara sasis kiri dan sasis kanan, batang tersebut disebut dengan strut bar. 

Kegunaannya cukup banyak, khususnya untuk keamanan berkendara. Contohnya saja untuk menyeimbangkan mobil saat bermanuver, berbelok pada tikungan tajam, atau untuk membuat mobil tetap stabil ketika dalam kecepatan tinggi. Untuk lebih jelasnya, simak dalam penjelasan berikut.

Pengertian Strut Bar

Baca Juga : Mengenal Ring Piston Mobil dan Pertanda Ada Masalah

Strut bar merupakan palang yang posisinya melintang untuk menghubungkan kedua sisi sasis dan biasa terdapat pada ruang mesin mobil sport. Sparepart ini disebut juga dengan nama lain Strut brace. 

Lebih jelasnya, Strut brace ini dipasang di sisi kiri dan kanan strut tower yang menjadi mounting point  dari shock breaker.

Penggunaannya selain untuk mobil sport, biasanya juga identik dengan mobil-mobil yang memiliki performa tinggi atau yang sudah dimodifikasi. 

Baca Juga : Banyak yang Gak Tahu, Ini Fungsi Setel Klep Motor

Komponen ini digunakan untuk menjaga kestabilan mobil karena keberadaannya membuat kaki-kaki lebih kuat sehingga menjadi lebih kaku atau bisa disebut rigid.

Material dari Strut brace sendiri bervariasi, tetapi yang umum digunakan adalah berbahan metal dan bentuknya juga disesuaikan dengan kendaraan. Namun kalau untuk modifikasi penampilan mobil, banyak yang lebih memperhatikan modelnya.

Sebagai acuan, mobil yang memiliki performa tinggi atau untuk kompetisi balapan contohnya akan menggunakan strut bar yang bahan pembuatnya memiliki kode 4041 chromoly steel.

Baca Juga : Cara Mudah Membedakan Busi Asli dan Palsu

Kekuatan tarikannya bisa mencapai 95.000 psi. Posisi komponen ini berada di bagian depan, pada engine bay.

Cara kerjanya yaitu ketika proses spooring (penyetelan pada bagian roda depan) berlangsung, maka akan ada penyetelan pada strut brace.

Kemudian komponen ini akan mencegah lower arm supaya mesin tidak bergerak ke arah depan maupun belakang.

Fungsi Strut Bar pada Mobil

Komponen yang banyak digunakan pada performance car atau mobil sport ini ternyata memiliki fungsi untuk pengaman. Berikut adalah fungsi strut bar pada mobil yang penting untuk Anda ketahui. 

  • Menghubungkan Sasis

Fungsi satu ini sudah dibahas sebelumnya, bahwa posisi strut brace berada di antara 2 sasis, yang berarti gunanya adalah menghubungkan body/sasis dan suspensi pada sisi kiri dan sisi kanan. 

Komponen ini biasanya juga didukung dengan perangkat stabilizer, contohnya roll bar untuk menunjang keselamatan. Tidak hanya secara mekanik, strut brace juga ada yang dihubungkan dengan elektronik sehingga bisa berfungsi secara otomatis sesuai kebutuhan. 

Oleh karena itu, strut bar bisa dipasangkan di atas shock absorber bagian depan untuk menghubungkan body bagian depan.

  • Menambah Sifat Rigid/ Kaku
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya