Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/karburator_mobil.jpg

Bukan hanya motor saja yang memiliki komponen karburator, tetapi juga mobil. Komponen yang satu ini peranannya sangat penting untuk sistem pembakaran. Tanpa karburator tidak akan terjadi pembakaran sempurna dan tenaga tak dapat dihasilkan. 

Fungsi utama karburator pada mobil adalah untuk memberikan suplai bensin dan udara ke ruang bakar sesuai dengan standar. Peranannya yang penting tidak terlepas dari berbagai jenis komponen karburator yang membentuknya. 

Supaya Anda mengenali lebih dalam mengenai karburator, berikut ini akan dijelaskan apa saja komponen beserta fungsinya. 

15 Jenis Komponen Karburator pada Mobil serta Fungsinya 

Baca Juga : Intip, Ini Kelebihan Rem Tromol Vs Rem Cakram

Saat ini kebanyakan mobil baru sudah menggunakan sistem injeksi menggantikan komponen karburator. Meskipun begitu masih banyak orang yang memiliki mobil dengan sistem karburator. 

Komponen ini sudah dikenal sejak tahun 1980an dan digunakan secara massal untuk semua jenis mobil. Perannya sangat besar untuk kendaraan dan dibutuhkan perawatan berkala agar setiap komponennya dapat bekerja dengan baik. 

Perlu Anda ketahui jika terjadi kerusakan pada karburator, maka akan mempengaruhi laju kendaraan jadi tidak normal. Selain itu gas buang dari pembakaran juga mengandung terlalu banyak karbon monoksida yang berbahaya bagi kesehatan. 

Baca Juga : Busi Racing untuk Mobil yang Dipakai Harian, Amankah?

Apa saja komponen karburator dan fungsinya yang perlu dipelajari? Berikut ini penjelasannya. 

  1. Float Chamber/ Ruang Bakar 

Komponen yang perannya sangat besar untuk menciptakan tenaga pada mobil adalah ruang bakar. Karburator memiliki ruang bakar yang fungsinya adalah sebagai tempat pembakaran antara udara, percikan api dari busi dan juga bahan bakar. 

Letak dari ruang bakar adalah pada kepala silinder. Pada saat bahan bakar sudah terisi penuh, maka pelampung akan naik dan menutup katup bakar. Mulai dari sinilah jumlah bahan bakar yang masuk ke ruang bakar akan diatur otomatis sehingga tidak terjadi banjir. 

Baca Juga : Cara Mudah Deteksi Kerusakan Power Steering Elektrik

Komponen karburator mobil ini harus bebas dari kerak atau kotoran yang terbawa oleh bahan bakar dan udara. Oleh karena itulah sebelum udara maupun bahan bakar masuk ke sini harus melalui filter terlebih dahulu, sehingga kualitasnya terjamin. 

    2. Floater/ Pelampung

Pelampung adalah komponen karburator yang sangat penting karena menentukan apakah akan terjadi banjir atau tidak. Cara kerja dari pelampung adalah mengikuti ketinggian dari bahan bakar yang masuk ke ruang pelampung. 

Pada saat bahan bakar sudah penuh maka jarum pelampung yang tergabung dalam komponen ini akan menutup saluran bensin. Sehingga suplai bensin ke dalam ruang bakar tidak berlebihan dan pembakaran terjadi dengan sempurna. 

    3. Inlet Hose 

Komponen karburator yang satu ini merupakan selang masuk yang berfungsi untuk jalannya bensin ke dalam karburator mobil. Disebut juga dengan fuel inlet karena selang ini hanya akan dialiri oleh bensin. 

    4. Ruang Pelampung

Bahan bakar dari tangki bensin mobil tidak langsung dialirkan ke ruang bakar melalui inlet hose melainkan ditampung terlebih dahulu di ruang pelampung. Bensin akan transit dahulu di ruang ini sebelum disalurkan ke ruang bakar. 

Di dalam ruang ini terdapat pelampung dan jarum pelampung yang fungsinya tadi telah dijelaskan. 

    5. Air Vent 

Komponen ini merupakan saluran ventilasi yang menghubungkan udara luar dengan ruang pelampung. Fungsi dari air vent adalah supaya tekanan dalam ruang pelampung stabil sama seperti tekanan udara atmosfer. 

Ketika tekanannya stabil atau sama maka jumlah bensin yang dikeluarkan melalui venturi lebih ideal untuk pembakaran. 

    6. Venturi 

Sebuah komponen karburator yang bentuknya adalah lubang sempit pada tengah jalan masuk udara ke karburator. Fungsinya meningkatkan kecepatan udara karena perbedaan diameter pada lubang. 

Nantinya bensin dalam ruang pelampung dapat terhisap ke ruang bakar melalui pilot jet atau main jet. Naiknya bahan bakar karena adanya tekanan udara pada komponen venturi ini yang kurang dari 1 atm. 

fungsi_karburator_mobil

    7. Main Jet

Sebutan lainnya adalah main nozzle yang jadi saluran utama antara ruang pelampung dengan venturi. Bensin dengan volume ideal akan keluar melalui komponen ini. Ukuran diameternya telah disesuaikan dengan kapasitas mesin. 

Tujuannya agar perbandingan bensin dan udara yang bercampur tetap stabil. Bentuknya seperti jarum dan mengerucut ke bagian bawahnya. Pada saat pedal gas ditekan maka jarum ini akan terangkat dan bahan bakar keluar dan bercampur dengan udara. 

    8. Slow Jet

Komponen karburator ini juga saluran bensin yang terhubung antara ruang pelampung ke intake manifold. Hanya saja fungsinya adalah untuk mengalirkan bensin ketika mobil dalam kondisi idle

Bensin juga akan dialirkan ke dalam idle jet yang letaknya setelah katup gas.  

    9. Idle Jet

Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan udara setelah disaring dari filter langsung ke intake manifold tanpa harus melalui katup gas. Perannya sendiri adalah untuk mengatur idle RPM pada mesin. 

    10. Economizer Jet

Fungsi dari economizer jet adalah agar bensin bisa bercampur dengan udara lebih baik atau homogen. Letaknya ada di tengah saluran idle dan hanya bekerja ketika mesin di kecepatan idle

    11. Katup Gas

Jika mobil Anda menggunakan karburator tipe fixed venturi maka bentuk katup gas mirip dengan koin. Fungsinya adalah untuk mengatur seberapa cepat aliran udara masuk. 

Bentuknya yang bulat akan menutup saluran udara di dalam intake. Ketika Anda menginjak pedal gas maka posisi katup menjadi miring dan aliran udara lebih lancar.

    12. Choke Valve 

Bentuk dari komponen ini mirip dengan katup gas dan fungsinya tidak jauh berbeda yaitu menutup saluran udara yang masuk ke mesin. Hanya saja letak dari choke valve adalah sebelum venturi. 

Pada saat katup ditutup maka bensin yang masuk ke dalam ruang pelampung karena hisapan piston akan lebih banyak. Campuran yang terjadi pun akan lebih banyak dan dibutuhkan ketika cold start yakni banyak bensin mengembun pada dinding intake

    13. Throttle Valve 

Istilah lainnya adalah piston valve yang fungsinya untuk mengatur seberapa besar banyak campuran udara ke dalam ruang bakar. Throttle valve akan bekerja bersamaan dengan main jet. 

Ketika komponen ini terbuka maka jarum pada main jet akan terbuka. Perawatan pada komponen ini sangat penting karena paling mudah mengalami kerusakan. 

    14. Jet Needle 

Disebut juga dengan jarum pengabut yang bekerja untuk mengontrol jumlah aliran bahan bakar serta udara. Biasanya digunakan pada karburator berjenis variable venturi dan kecepatan konstan atau jenis CV. 

    15. Screw Control 

Komponen karburator lain yang ukurannya kecil dan terdiri dari dua buah yaitu idle speed air screw serta idle mixture air screw. pada jenis yang pertama akan bekerja mengatur sudut buka tutup dari katup gas ketika di posisi idle

Tujuannya agar katup gas tidak tertutup rapat dan udara tetap bisa lewat. Jenis sekrup yang kedua akan bekerja mengatur besar kecilnya saluran idle jet. Perlu pengaturan supaya campuran bahan bakar serta udara saat mesin idle bisa besar atau kecil. 

Semua komponen karburator ini harus dirawat dengan baik bahkan sampai komponen terkecilnya. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan akan mengganggu sistem ruang bakar dan tenaga yang dihasilkan tidak sempurna. 

Oleh karena itu jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen karburator Anda harus segera membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Kini untuk bisa servis di bengkel Suzuki Anda dapat melakukannya dengan mudah. 

Cukup pilih salah satu website berikut ini sesuai dengan lokasi Anda saat ini. 

  1. www.suzukinjs.co.id : Nusantara Jaya Sentosa (NJS) di Bandung
  2. www.suzukiarindo.co.id : Arindo Gedong Jembar (AGJ) di Tegal
  3. www.suzukicintadamai.co.id : Cinta Damai Putra Bahagia (CDPB) di Cirebon
  4. www.suzukisurakarta.co.id : Solo Indonesia Utama (SIU) di Solo
  5. www.suzukitradajateng.co.id : Sejahtera Sunindo Trada( SST) di Semarang
  6. www.suzukisumberbaru.co.id : Sumber Baru Aneka Motor (SBAM) di Yogyakarta
  7. www.suzukiumc.co.id : United Motor Centre (UMC) di Surabaya
  8. www.suzukitradajatim.co.id : Sejahtera Buana Trada (SBT) di Surabaya
  9. www.suzukibali.id : United Indo Bali (UIB) di Bali
  10.  www.suzukidealerkalimalang.id : Sejahtera Sumberbaru Trada (SSBT) di Malang
  11.  www.suzukimargondadepok.co.id : Sejahtera Armada Trada (SAT) di Depok
  12.  www.suzukisbam.co.id : Sumber Baru Aneka Mobil (SBAM) di Jakarta
  13.  www.suzukidutacendana.co.id : Duta Cendana Adimandiri (DCA) di Jakarta 
  14.  www.suzukidwiperkasa.co.id : Dwiperkasa Mobiltama (DPM) di Tangerang
  15.  www.suzukiarmada.co.id : Armada Perkasa Mobilindo (APM) di Jakarta 
  16.  www.suzukigunungsahari.co.id : Handijaya Buana Trada (HJBT)  di Jakarta 
  17.  www.suzukitrada.co.id : Sejahtera Buana Trada (SBT) di Jakarta 
  18.  www.indomobilsuzukidealer.co.id : Indomobil Multi Trada (IMT) di Jakarta 
  19.  www.suzukisunmotor.com : Sun Motor Jakarta (SUN) di Jakarta 
  20.  www.suzukidealercab.co.id : Citra Asri Buana (CAB) di Jakarta 
  21.  www.suzukitrimitra.co.id : Trimitra Sejahtera Mobilindo (TSM) di Jakarta 
  22.  www.suzukipusaka.co.id : Pusaka Motor Utama (PMU) di Bekasi dan Banten
  23.  www.suzukimahkota.co.id : Restu Mahkota Karya (RMK)
  24.  www.suzukiaceh.co.id : Armada Banda Jaya (ABJ) di Aceh
  25.  www.suzukiarista.com : Arista Sukses Abadi - Medan (ASA MEDAN) di Medan
  26.  www.tsasuzuki.com : Trans Sumatra Andalan (TSA) di Trans Sumatera
  27.  www.suzukimobilbatam.co.id : Rodamas Makmur Motor (RMM) di Batam
  28.  www.suzukipinang.com : Arista Sukses Abadi - TP (ASA TP) di Tanjung Pinang
  29.  www.suzukimobilriau.co.id : Sejahtera Buana Trada (SBT PKU) di Riau
  30.  www.suzukiepmsumbar.co.id : Elang Perkasa Motor (EPM) di Sumatera Barat
  31.  www.suzukijambi.co.id : Jaya Indah Motor (JIM) di Jambi
  32.  www.suzukibengkulu.co.id : Kangaroo Motor Mandiri (KMM) di Bengkulu
  33. www.suzukithamrin.co.id  : Nusa Sarana Citra Bakti (NSCB)di Sumatera Selatan
  34.  www.suzukijagorawi.co.id : Jagorawi Motor (JM) di Bangka Belitung
  35.  www.suzukilampung.co.id : Persada Lampungraya (PLR) di Lampung

Usai mengakses website ini Anda tinggal memilih untuk booking service dan mengisi formulir. Tentukan kapan tanggal servis yang dikehendaki dan datang sesuai jadwal yang dipilih tanpa harus antri lagi. 

Berita Lainnya