Tips & Trik

Ada Banyak Faktor, Ini Penyebab Lampu Motor Redup

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/suzuki_(1).jpg

Lampu motor memiliki fungsi utama sebagai penerang ketika kendaraan melintas di jalan yang minim penerangan. Idealnya, lampu motor ini bersifat terang. Namun, ada kalanya lampur tersebut redup. Penyebab lampu motor redup sendiri ada bermacam-macam.

Lampu motor dapat meredup kapan saja sehingga Anda harus melakukan perawatan untuk mengecek kinerja komponen motor yang satu ini.

Namun, ketika lampu motor mulai meredup, Anda tidak perlu panik. Kenali faktor yang dapat membuat lampu motor Anda redup di bawah ini.

Penyebab Lampu Motor Redup

Baca Juga : Fungsi dan Mekanisme “Shift Lock” di Mobil Matik

Kualitas Bohlam Lampu

Kualitas bohlam lampu pada motor dapat mempengaruhi terang atau redupnya sinar lampu motor Anda. Pastikan bohlam pada motor Anda sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai untuk jenis motor tersebut. Pakailah produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt.

Baca Juga : Fungsi Kiprok Motor dan Gejala Kiprok yang Rusak

Namun, apabila motor Anda telah menggunakan lampu LED dan masih redup, jelas ini bukan kualitas lampu yang menjadi masalah redupnya lampu motor tersebut.

Mika Lampu atau Reflektor Buram

Sama halnya dengan produk elektronik maupun otomotif yang lain, mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai. Jika masa pakai reflektor motor Anda dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

Baca Juga : 5 Faktor yang Menentukan Ketahanan Aki Kendaraan

Masa pakai ini dapat Anda lihat dari umur motor. Semakin tua, mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram. Untuk mengatasi hal ini, Anda harus mengganti reflektor tersebut. Pastikan sparepart yang Anda gunakan merupakan sparepart original sesuai jenis motor.

Saklar Lampu Kotor

Saklar lampu merupakan komponen yang tidak kalah penting namun sering sekali dilupakan. Masalah yang terjadi pada saklar lampu motor dapat menjadi salah satu penyebab redupnya sinar yang dipancarkan lampu motor Anda.

Masalah ini dapat timbul akibat masa pakai yang sudah lama dan kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.

Selain itu, debu dan karat pada saklar lampu juga dapat menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik yang terhambat. Masalah pada saklar lampu ini tidak berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru.

Motor yang diproduksi pada saat ini menerapkan teknologi Automatic Headlight On (AHO). Teknologi ini membuat lampu motor dapat menyala sepanjang waktu tanpa saklar untuk switch on/off.

Soket Lampu Kendor

Soket lampu merupakan salah satu komponen penting pada lampu motor. Jika soket lampu ini kendor, maka arus listrik yang dihasilkan akan meluber ke mana-mana. Akibatnya, hanya sedikit arus listrik yang sampai pada lampu motor Anda.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya