Tips & Trik

Busi Racing untuk Mobil yang Dipakai Harian, Amankah?

PUBLISHED DATE : 20 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Busi-Racing-untuk-Mobil-yang-Dipakai-Harian-Amankah.jpg

Tidak hanya pada sepeda motor, fenomena meningkatkan kemampuan mobil dengan cara yang tidak disarankan pabrikan saat ini masih saja dilakukan oleh banyak pemilik mobil. Karena hanya memiliki kendaraan standar tapi ingin memiliki kemampuan di atas rata-rata, berbagai cara dilakukan, dan salah satunya adalah mengaplikasi busi racing untuk penggunaan harian.

Benarkah busi racing mampu mendongkrak kemampuan mobil?

Anggapan busi racing mampu mendongkrak tenaga memang tidak sepenuhnya salah, namun jika diaplikasi pada mesin mobil standar yang dipakai harian maka yang bisa terjadi justru merugikan. Kenapa bisa merugikan? Karena busi racing seharusnya hanya digunakan pada lintasan balap. Busi balap sudah didesain khusus untuk aplikasi mesin berkompresi tinggi. 

Baca Juga : Jarang Yang Tahu, Fungsi Ecu Motor Pada Kendaraan Injeksi

Busi racing didesain untuk mesin yang berjalan pada kecepatan yang jauh lebih tinggi daripada mobil standar, kompresi juga tidak sama dengan suhu, getaran, dan pembakaran yang melampaui kondisi di dalam mesin mobil standar atau mobil yang biasa digunakan sehari-hari.

Karena itulah, memakai busi balap atau racing untuk mobil harian bukan ide yang cemerlang untuk meningkatkan kemampuan mobil. Secara karakteristik, busi balap sendiri peruntukannya untuk kondisi ekstrim. Jika diaplikasikan pada mesin mobil standar, efeknya akan tidak beda dengan sepeda motor yang memakai busi racing. Dampak merugikan akan terasa, mulai dari terjadinya deposit karbon yang berlebih sampai misfiring.

Anda masih penasaran dan ingin tahu dampak menggunakan busi racing di mobil standar yang biasa Anda gunakan sehari-hari? Anda bisa menanyakannya langsung ke mekanik handal Suzuki yang bisa Anda temui di bengkel resmi Suzuki. Sembari melakukan servis rutin, Anda bebas menanyakan apapun tentang kendaraan Suzuki, termasuk pemakaian busi racing, pada mekanik Suzuki.

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Propeller Shaft dan Komponennya

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya