Tips & Trik

Ada Banyak Faktor, Ini Penyebab Lampu Motor Redup

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Suzuki (1)

Lain halnya jika jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan AC. Disini, sumber arus penerangan yang digunakan berasal dari spull penerangan, sehingga aki tidak begitu berpengaruh.

Kiprok Lemah

Kiprok pada motor berfungsi untuk mengubah arus AC dari spull magnet menjadi DC. Kiprok dan spull merupakan komponen yang berfungsi untuk mengisi daya aki. Selain itu, dua komponen ini juga berfungsi sebagai penunjang sistem kelistrikan saat mesin hidup.

Kiprok berkaitan erat dengan aki pada kendaraan. Ketika kendaraan Anda dihidupkan, baterai dan akilah yang berperan besar dalam menyediakan sumber listrik. Namun, ketika mesin kendaraan sudah hidup, maka pengisian listrik untuk menjalankan segala tugas kelistrikan diambil alih oleh kiprok.

Apabila komponen ini melemah atau mengalami suatu kerusakan, maka arus pengisian listrik terganggu. Efek yang ditimbulkan pada lampu motor bukan hanya meredup, akan tetapi terang-redup tidak jelas, sehingga akan lebih mengganggu penerangan jalan Anda.

Spul Penerangan Melemah

Telah disinggung sebelumnya tentang spull yang berkaitan dengan baterai atau aki kendaraan. Ketahanan komponen ini menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terang atau redupnya nyala lampu motor.

Baca Juga : Solenoid Valve Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

Anda harus mengukur ketahanan komponen ini untuk mengecek normal-tidaknya spull penerangan. Apabila ketahanan komponen ini berkisar 0,2-1,2 ohm pada kondisi mesin 40 derajat, maka komponen ini dinyatakan normal.

Namun apabila ketahanan menunjukkan angka mendekati 2 ohm, maka dapat dipastikan bahwa spull penerangan motor Anda sudah mulai lemah dan harus segera diganti.

Kabel Lampu Meleleh

Kabel lampu yang meleleh jelas menjadi salah satu penyebab lampu motor redup. Kabel lampu berfungsi sebagai penghantar aliran listrik agar sampai pada bola lampu sehingga dapat bersinar.

Apabila kabel lampu ini meleleh, maka arus listrik yang dikirim menjadi terhalang. Hal ini berpengaruh pada sinar lampu motor. Kabel lampu sendiri dapat meleleh pada bagian soket. Ini sangat mungkin terjadi apabila soket terlalu panas.

Loncatan elektron yang terjadi pada soket ketika sedang bekerja pun akan menimbulkan peningkatan suhu. Suhu yang meningkat terlalu panas inilah yang dapat membuat kabel meleleh. Akibatnya, lampu menjadi redup.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya