Tips & Trik

Ada Banyak Faktor, Ini Penyebab Lampu Motor Redup

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Suzuki (1)

Soket Lampu Karatan

Selain kendor, soket lampu yang karatan juga dapat menjadi penyebab lampu motor redup. Soket terbuat dari plat.

Bahan logam ini dapat berkarat seiring berjalannya waktu. Ada banyak penyebab berkaratnya soket. Salah satu penyebab yang paling umum yaitu masuknya air hujan pada sela head cover motor.

Karat pada soket ini akan menjadi hambatan bagi arus listrik untuk sampai pada lampu. Karat di tengah arus listrik akan menghalangi tegangan yang akan disalurkan ke lampu motor. Akibatnya, lampu motor menjadi lebih redup. Apabila hal ini terjadi, maka Anda harus segera mengganti soket lampu motor Anda.

Fitting Lampu Rusak

Tidak hanya soket, komponen berupa fitting lampu yang tidak layak pakai juga dapat menjadi penyebab redupnya lampu motor Anda.

Fitting lampu yang rusak biasanya ditandai dengan terbakarnya dudukan lampu, di sekitar bagian tembaganya. Sedangkan bagian tembaga penting untuk menghantarkan listrik.

Baca Juga : Ternyata Ini Pengaruh Per CVT Lemah dan Cirinya

Dudukan lampu yang terbakar jelas akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup. Fitting lampu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki untuk dipasang lagi. Disini, Anda harus mengganti fitting lampu motor agar lampu dapat menyala secara lebih maksimal.

suzuki___2_

Baterai Lemah

Apabila jenis motor Anda menggunakan sistem penerangan DC, kondisi baterai atau aki harus sangat diperhatikan. Aki merupakan pusat penyimpanan arus listrik pada kendaraan.  Baterai atau aki inilah yang berfungsi untuk menyediakan sumber listrik, sehingga mesin kendaraan Anda dapat dihidupkan.

Apabila aki lemah, maka seluruh sistem kelistrikan pada kendaraan pun ikut melemah. Sumber listrik yang bermasalah akan mengakibatkan sistem kelistrikan tidak dapat berfungsi sempurna.

Lampu motor pun dapat menyala karena adanya aliran listrik. Apabila aliran listrik dari sumbernya mengalami gangguan atau lemah, maka lampu pun akan bersinar redup.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya