Tips & Trik

Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/antena_mobil_Ertiga.jpg

Antena mobil merupakan salah satu komponen yang biasanya berada di atap mobil dan berfungsi menangkap sinyal elektronik yang ada pada perangkat.

Antena mobil merupakan salah satu komponen yang biasanya berada di atap mobil. Komponen tersebut berfungsi menangkap sinyal. Tentu saja, hal ini berarti bahwa fungsinya cukup penting sehingga perlu dirawat dengan baik.

Dalam hal ini, ada beberapa jenis antena yang memiliki plus minus masing-masing. Lalu, apa saja jenis, kekurangan, kelebihan, dan bagaimana cara perawatan antena radio mobil ini? Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Antena Radio Mobil

Baca Juga : Alasan Kenapa Air Radiator Sengaja Diberi Pewarna

Antena radio mobil memiliki jenis yang beragam, begitupun dengan bentuk-bentuknya. Mau tau apa saja jenis-jenis antena tersebut serta bagaimana kekurangan dan kelebihan masing-masing jenisnya? Berikut uraian selengkapnya.

  • Fixed Antenna

Fixed Antenna merupakan salah satu jenis antena radio yang ada pada mobil. Bentuk dari antena tersebut tetap, maksudnya antena tersebut tidak dapat dipanjangkan maupun dipendekkan selayaknya antena pada umumnya.

Antena radio ini terletak di belakang mobil, tepatnya di bagian atap yang dekat dengan bagasi dan kaca belakang.

Baca Juga : Ternyata Banyak, Ini Dia Jenis-jenis Lampu Mobil

Ukuran fixed antena ini tidak terlalu panjang, sehingga tergolong aman digunakan dan tidak perlu khawatir akan tersangkut dengan benda lain.

  • Antena Besi

Seperti namanya, antena yang satu ini terbuat dari bahan besi dengan ukuran kecil dan bisa dipanjangkan atau dipendekkan. Antena jenis ini merupakan antena yang sangat umum digunakan oleh kendaraan.

Namun, mobil atau kendaraan yang menggunakan antena ini sebenarnya juga dinilai merepotkan. Hal tersebut dikarenakan Anda diharuskan untuk menarik antenanya hingga panjang dengan cara manual agar mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Baca Juga : Apa itu Quick Shifter? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Akan tetapi, jika antena ditarik terlalu panjang, dikhawatirkan akan tersangkut benda lain, seperti portal yang ada di jalan, ranting pohon atau bisa juga tersangkut atap parkiran.

Mobil-mobil yang menggunakan antena jenis ini misalnya, Suzuki APV dan Suzuki Karimun Wagon R.

  • Motorized Antenna

Antena mobil yang satu ini merupakan jenis antena yang bisa dikatakan lebih canggih dari yang sebelumnya. Motorized Antenna ini memiliki model yang bisa memanjang dan memendek secara otomatis.

Kemampuan yang dimilikinya ini dapat berfungsi jika mesin mobil atau head unitnya dinyalakan. Kemudian, antena jenis ini akan memendek otomatis saat mesin atau head unitnya dimatikan. Namun, ada juga yang bisa diaktifkan melalui tombol.

Mobil-mobil yang menggunakan antena jenis ini juga banyak sekali. Cukup menarik dan canggih bukan antena yang satu ini?

  • Shark Fin Antenna

Shark Fin Antenna merupakan antena radio yang ada di mobil dengan bentuk yang seperti sirip ikan hiu. Antena yang satu ini juga sangat banyak diminati oleh para pemilik kendaraan roda empat. Bahkan, kendaraan yang sebelumnya tidak menggunakan antena jenis ini banyak yang diganti.

Selain bentuknya yang unik seperti sirip ikan hiu, antena ini banyak dipilih karena kelebihan dan kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Shark Fin Antenna mampu menangkap sinyal secara lebih baik daripada antena jenis yang lainnya.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya