Tips & Trik

Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Antena Mobil Ertiga

Shark Fin Antenna merupakan antena radio yang ada di mobil dengan bentuk yang seperti sirip ikan hiu. Antena yang satu ini juga sangat banyak diminati oleh para pemilik kendaraan roda empat. Bahkan, kendaraan yang sebelumnya tidak menggunakan antena jenis ini banyak yang diganti.

Selain bentuknya yang unik seperti sirip ikan hiu, antena ini banyak dipilih karena kelebihan dan kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Shark Fin Antenna mampu menangkap sinyal secara lebih baik daripada antena jenis yang lainnya.

Antena yang satu ini biasanya terletak di atap mobil bagian belakang. Namun, sayangnya, akhir-akhir ini telah banyak muncul Shark Fin Antenna yang kualitasnya dibawah antena yang berjenis Fixed Antenna.

  • Antena Digital

Jenis selanjutnya adalah antena digital. Antena yang satu ini memiliki ukuran kecil dan berbentuk seperti kotak hitam. Desainnya juga hampir sama dengan antena pada umumnya, namun antena ini terbuat dari material plastik.

Baca Juga : Ketahui, Ini Fungsi Propeller Shaft dan Komponennya

Antena digital seperti ini akan sangat cocok jika digunakan pada mobil yang memiliki kaca film dan mengandung logam. Namun, pada umumnya, antena jenis ini hanya dijual sepaket dengan televisi maupun mobil.

  • Printed Glass Antenna

Printed Glass Antenna terkenal sebagai salah satu antena yang bisa dikatakan memiliki kecanggihan yang luar biasa.

Apabila jenis antena yang lainnya terletak di atap luar mobil, Printed Glass Antenna ini letaknya di dalam mobil. Antena jenis ini tepatnya menempel di kaca mobil bagian belakang.

Selain itu, antena ini juga dinilai memiliki bentuk yang menarik, karena bentuknya hanya berupa garis sepintas yang menjadi satu dengan bagian defogger mobil.

Cara Merawat Antena Mobil Agar Awet

antena_radio_mobil_Ertiga

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya