Tips & Trik

Mudah, Ini Cara Memperbaiki Aki Kering Yang Soak

PUBLISHED DATE : 23 Oktober 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_memperbaiki_aki_kering.jpg

Cara memperbaiki aki kering yang soak pada dasarnya cukup mudah. Namun, akan lebih baik jika aki dirawat dengan baik sehingga tidak sampai mengering airnya

Aki atau alat penyimpan energi listrik pada mesin menjadi bagian utama yang melengkapi kendaraan bermotor.

Mesin aki secara umum terisi oleh air sehingga sering mengering. Alasan inilah yang membuat para pemiliknya perlu mengetahui cara memperbaiki aki kering supaya jika terjadi bisa mengatasinya.

Baca Juga : Apa Itu Tensioner? Ini Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Aki kering sering membuat motor macet atau mogok dan mesin internalnya sulit diaplikasikan. Pendapat tersebut membuat perawatan aki penting bagi pemilik kendaraan bermotor. Nah, berikut ini beberapa informasi yang perlu diketahui seputar cara memperbaiki kerusakan aki.

Cara Memperbaiki Aki Kering  yang Soak

Seorang pemilik kendaraan biasanya tidak memperhatikan kondisi akinya sehingga tidak jarang saat aki kering tidak diketahui. Kebanyakan orang juga tidak mengetahui cara perbaikan aki yang sudah kering sehingga perlu mempelajarinya lebih lanjut lagi.

Cara memperbaiki aki kering yang pertama bisa dilakukan dengan teknik jumper. Teknik satu ini adalah perbaikan aki yang memakai sarana alat bantu berupa kabel jumper. Alat satu ini bisa dimiliki setiap pemilik kendaraan dengan mencarinya di toko aksesoris dan perlengkapan kendaraan.

Baca Juga : Waspada Inilah Penyebab Rem Mobil Ngempos

Ketika memiliki alat jumper sendiri pemilik kendaraan tidak akan bingung saat aki kering yang soak. Perlu diketahui juga bahwa pemakaian alat satu ini harus dengan hati-hai dan konsentrasi penuh supaya tidak konslet. Pengguna kendaraan juga harus paham cara kerja alat jumper ini.

Cara memperbaiki aki kering yang soak selanjutnya adalah dengan sebuah alat yang disebut charger transformer. Alat perbaikan aki ini bentuknya seperti mesin trafo yang memiliki daya listrik untuk mengisi aki secara otomatis. Charger transformer ini memiliki cara kerja yang mirip dengan adaptor smartphone.

Alat semacam adaptor ini bisa ditemukan di berbagai penjualan alat elektronik dan biasa dipakai penjual jasa isi ulang aki. Bagi pemilik kendaraan bisa juga memilih cara terakhir dengan membawa kendaraan ke tukang service supaya lebih mudah ditangani oleh para tenaga ahli.

Ciri-ciri Aki  Soak

Baca Juga : Alasan Jangan Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

aki_kering

Pemilik kendaraan motor pastinya tau jika kendaraan dilengkapi aki agar bisa mengeluarkan energi listrik. Secara umum, aki motor menggunakan air sehingga untuk pemakaian jangka panjang bisa kering.

Dalam hal ini, selain harus mengerti cara memperbaiki aki kering yang soak, pemilik kendaraan juga harus tau ciri-cirinya. Dengan demikian, Anda bisa langsung memperbaikinya jika masalah ini terjadi.

Kebanyakan pemilik motor tidak memperhatikan aki kendaraanya karena letaknya yang ada di dalam mesin dan tidak terlihat secara langsung. Padahal, kondisi seperti ini sudah sepatutnya semakin diperhatikan supaya tidak terjadi mogok atau kerusakan tiba-tiba pada kendaraan.

Dalam hal ini, kondisi paling umum bagi kendaraan yang akinya sudah soak adalah sulit dinyalakan. Kendaraan yang kekurangan aki akan mogok dan cenderung tersendat-sendat saat dihidupkan.

Ciri berikutnya dari aki yang mengalami kekeringan adalah peforma klakson yang tidak lagi maksimal. Kebanyakan aki soak menyebabkan suara klakson melemah tidak sekuat biasanya dan semakin berat. Suara klakson lemah ini dapat membahayakan pengendara bila terus diabaikan.

Kondisi lain yang perlu diperhatikan selain klakson lemah adalah lampu yang meredup. Kedua hal tersebut akan berakibat fatal apabila terus diabaikan karena akinya yang soak. Ciri lain kekeringan aki adalah bodi utama mesin tempat aki bertengger menjadi lebih gemuk atau menggelembung.

Tips Merawat Agar Aki Kering Dapat Awet dan Berumur Panjang

Pemilik motor juga perlu menerapkan berbagai tips perawatan aki supaya bisa lebih awet dan berumur panjang. Teknik perawatan dasar yang penting dilakukan pemilik kendaraan beraki adalah membersihkannya secara berkala.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya