Tips & Trik

Strategi Ganti Ban Baru Sesuai dengan Budget

PUBLISHED DATE : 27 Juli 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Strategi_Ganti_Ban_Baru_Sesuai_dengan_Budget.jpg

Saat ban mobil sudah gundul, mau tidak mau Anda harus mulai merencanakan langkah mengganti ban dengan yang baru. Pasalnya, ban tidak hanya berfungsi untuk menunjang kenyamanan, tapi berhubungan juga dengan keselamatan selama berkendara.

Idealnya, ban mobil harus diganti semuanya, baik poros depan ataupun poros belakang. Tapi yang jadi masalah, bagaimana kalau kita hanya punya budget setengahnya saja. Dengan kata lain, dana yang terhimpun hanya cukup untuk membeli sepasang ban.

Menurut mitos, sepasang ban baru sebaiknya disimpan di poros roda depan. Alasannya, ban depan merupakan poros kemudi (steering) sehigga kondisi ban yang di tempatkan di area ini harus punya grip atau daya cengkram yang paling baik.

Baca Juga : Busi Racing untuk Mobil yang Dipakai Harian, Amankah?

Sayang, mitos ini kurang tepat (meskipun tidak sepenuhnya salah), pasalnya pergerakan arah mobil tidak sepenuhnya berasal dari arah kemudi, tapi juga bisa datang dari faktor lainnya, seperti perilaku mengemudi, dan jalanan yang biasa Anda lewati.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, sebaiknya sepasang ban baru yang Anda beli ditempatkan di bagian poros belakang saja. Alasannya, bagian belakang mobil diibaratkan seperti kunci yang bertugas untuk menggigit jalanan saat mobil sedang bermanuver.

Dengan kondisi ban belakang yang bagus, kemungkinan mobil sliding yang menyebabkan mobil hilang kendali akan lebih diminimalisir. Meski begitu, terkait dengan keselamatan, alangkah lebih bijak jika Anda menyediakan budget khusus untuk mengganti ban secara keseluruhan.

Baca Juga : Fungsi Fuel Pump Mobil dan Tandanya Mulai Bermasalah

Kalau dalam kondisi kepepet, membeli ban vulkanisir bisa jadi solusi jitu. Tapi ingat, pastikan Anda membeli ban vulkanisir yang berkualitas tinggi dan dikerjakan oleh pabrik ternama dengan mesin modern, jangan ban vulkanisir yang dijual di pinggir jalan.

Perlu diingat juga, rata-rata kekuatan ban vulkanisir hanya 2/3 dari kekuatan ban baru. Jadi penggunaan ban ini hanya untuk sementara. Setelah mendapatkan uang, segera ganti ban vulkanisir dengan ban baru.

Selain itu, selama menggunakan ban vulkanisir, sebaiknya jalankan mobil dalam kecepatan rendah saja dan hindari manuver-manuver yang tidak penting. Pasalnya, mobil akan cenderung tidak stabil dan berkendara akan terasa kurang nyaman. Semoga membantu!

Baca Juga : Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

 

 

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Kapan_Sebaiknya_Busi_Motor_Diganti1.png

Kapan Sebaiknya Busi Motor Diganti

Bagi orang yang sudah akrab dengan dunia otomotif, pastinya sudah tak asing lagi dengan yang namanya busi. Busi merupakan komponen pertama yang bekerja ketika motor dihidupkan untu...

selengkapnya