Tips & Trik

Jenis-Jenis Antena Radio Mobil dan Cara Perawatannya

PUBLISHED DATE : 24 November 2020

Antena Mobil Ertiga

Antena mobil merupakan salah satu komponen yang biasanya berada di atap mobil dan berfungsi menangkap sinyal elektronik yang ada pada perangkat.

Antena mobil merupakan salah satu komponen yang biasanya berada di atap mobil. Komponen tersebut berfungsi menangkap sinyal. Tentu saja, hal ini berarti bahwa fungsinya cukup penting sehingga perlu dirawat dengan baik.

Dalam hal ini, ada beberapa jenis antena yang memiliki plus minus masing-masing. Lalu, apa saja jenis, kekurangan, kelebihan, dan bagaimana cara perawatan antena radio mobil ini? Berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Antena Radio Mobil

Antena radio mobil memiliki jenis yang beragam, begitupun dengan bentuk-bentuknya. Mau tau apa saja jenis-jenis antena tersebut serta bagaimana kekurangan dan kelebihan masing-masing jenisnya? Berikut uraian selengkapnya.

  • Fixed Antenna

Fixed Antenna merupakan salah satu jenis antena radio yang ada pada mobil. Bentuk dari antena tersebut tetap, maksudnya antena tersebut tidak dapat dipanjangkan maupun dipendekkan selayaknya antena pada umumnya.

Antena radio ini terletak di belakang mobil, tepatnya di bagian atap yang dekat dengan bagasi dan kaca belakang.

Ukuran fixed antena ini tidak terlalu panjang, sehingga tergolong aman digunakan dan tidak perlu khawatir akan tersangkut dengan benda lain.

  • Antena Besi

Seperti namanya, antena yang satu ini terbuat dari bahan besi dengan ukuran kecil dan bisa dipanjangkan atau dipendekkan. Antena jenis ini merupakan antena yang sangat umum digunakan oleh kendaraan.

Baca Juga : Mengisi Ban dengan Nitrogen Lebih Bagus dari Angin Biasa, Benarkah?

Namun, mobil atau kendaraan yang menggunakan antena ini sebenarnya juga dinilai merepotkan. Hal tersebut dikarenakan Anda diharuskan untuk menarik antenanya hingga panjang dengan cara manual agar mendapatkan sinyal yang lebih baik.

Akan tetapi, jika antena ditarik terlalu panjang, dikhawatirkan akan tersangkut benda lain, seperti portal yang ada di jalan, ranting pohon atau bisa juga tersangkut atap parkiran.

Mobil-mobil yang menggunakan antena jenis ini misalnya, Suzuki APV dan Suzuki Karimun Wagon R.

  • Motorized Antenna

Antena mobil yang satu ini merupakan jenis antena yang bisa dikatakan lebih canggih dari yang sebelumnya. Motorized Antenna ini memiliki model yang bisa memanjang dan memendek secara otomatis.

Kemampuan yang dimilikinya ini dapat berfungsi jika mesin mobil atau head unitnya dinyalakan. Kemudian, antena jenis ini akan memendek otomatis saat mesin atau head unitnya dimatikan. Namun, ada juga yang bisa diaktifkan melalui tombol.

Mobil-mobil yang menggunakan antena jenis ini juga banyak sekali. Cukup menarik dan canggih bukan antena yang satu ini?

  • Shark Fin Antenna

Shark Fin Antenna merupakan antena radio yang ada di mobil dengan bentuk yang seperti sirip ikan hiu. Antena yang satu ini juga sangat banyak diminati oleh para pemilik kendaraan roda empat. Bahkan, kendaraan yang sebelumnya tidak menggunakan antena jenis ini banyak yang diganti.

Selain bentuknya yang unik seperti sirip ikan hiu, antena ini banyak dipilih karena kelebihan dan kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Shark Fin Antenna mampu menangkap sinyal secara lebih baik daripada antena jenis yang lainnya.

Antena yang satu ini biasanya terletak di atap mobil bagian belakang. Namun, sayangnya, akhir-akhir ini telah banyak muncul Shark Fin Antenna yang kualitasnya dibawah antena yang berjenis Fixed Antenna.

  • Antena Digital

Jenis selanjutnya adalah antena digital. Antena yang satu ini memiliki ukuran kecil dan berbentuk seperti kotak hitam. Desainnya juga hampir sama dengan antena pada umumnya, namun antena ini terbuat dari material plastik.

Antena digital seperti ini akan sangat cocok jika digunakan pada mobil yang memiliki kaca film dan mengandung logam. Namun, pada umumnya, antena jenis ini hanya dijual sepaket dengan televisi maupun mobil.

  • Printed Glass Antenna

Printed Glass Antenna terkenal sebagai salah satu antena yang bisa dikatakan memiliki kecanggihan yang luar biasa.

Apabila jenis antena yang lainnya terletak di atap luar mobil, Printed Glass Antenna ini letaknya di dalam mobil. Antena jenis ini tepatnya menempel di kaca mobil bagian belakang.

Selain itu, antena ini juga dinilai memiliki bentuk yang menarik, karena bentuknya hanya berupa garis sepintas yang menjadi satu dengan bagian defogger mobil.

Cara Merawat Antena Mobil Agar Awet

antena_radio_mobil_Ertiga

Ketika Anda memiliki sebuah kendaraan, pastinya seluruh komponen yang ada pada kendaraan termasuk antena radio mobil juga harus dirawat dengan baik. Radio mobil tersebut harus dirawat dengan baik agar dapat berfungsi secara maksimal. Berikut cara merawat antena radio mobil.

  • Keringkan Seluruh Bagian Mobil Setelah Dicuci

Cara pertama merawat antena adalah ketika Anda selesai mencuci mobil, jangan lupa untuk mengeringkan seluruh komponen-komponennya, termasuk juga antenanya. Apalagi, jika antena Anda merupakan jenis antena besi, jangan sampai masih terdapat sisa sabun di bagian lipatannya.

Baca Juga : Mari Mengenal Warna dan Fungsi Sekring Mobil

Hal tersebut harus benar-benar Anda cek kebersihannya agar sisa sabun yang menempel tidak mengakibatkan antena berkarat. Jika antena berkarat, maka akan berakibat sulit dinaik turunkan.

Selain itu, sabun yang masih tersisa pada bagian antena dan kemudian mengendap akan menyebabkan antena Anda macet. Berbeda lagi jika antena Anda jenisnya Fixed Antenna. Antena yang satu ini tidak akan macet maupun berkarat, namun lebih dari itu.

Fixed Antenna terbuat dari material karet, sehingga ketika ada sabun yang masih menempel dapat mengakibatkan keretakan atau getas. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus segera menggantinya dengan yang baru.

  • Pastikan Antena Tidak Tertekuk

Ketika Anda hendak memasang penutup mobil, misal penutup mobil baru saja mengalami kerusakan lalu Anda akan menggantinya dengan yang baru, maka saat akan memasangnya harus berhati-hati. Jangan sampai antena mobil Anda tertekuk.

Jika sampai tertekuk, antena Anda bisa bengkok atau lebih parahnya lagi, bisa sampai patah. Oleh karena itu, ketika Anda hendak memasang penutup mobil, pastikan antena tidak tertekuk.

  • Berhati-hatilah Saat Memanjangkan dan Memendekkan Antena

Seperti yang telah diuraikan diatas, antena memiliki berbagai macam jenis dan bentuk. Ada yang bisa di panjang pendekkan secara otomatis dan manual, ada juga yang ukurannya tetap, tidak bisa dipanjang pendekkan.

Ketika Anda memiliki antena yang bisa dipanjang pendek kan, harus berhati-hati. Jangan sampai ketika Anda terlalu memanjangkannya malah akan membuat antena tersangkut ketika mobil tengah berjalan.

  • Lumasi Antena Menggunakan Minyak

Jika Anda memiliki antena yang letaknya di atap mobil, cara perawatannya juga cukup mudah. Lumasilah as antenanya menggunakan minyak yang biasa digunakan untuk mesin jahit secara rutin, misalnya satu sampai dua bulan sekali. Jika tidak punya, Anda bisa menggantinya dengan oli mesin yang masih baru.

Pelumasan seperti ini harus Anda lakukan agar ketika dipanjang pendekkan lebih mudah. Jika Anda tidak rutin melumasinya maka antena bisa saja macet, apalagi jika jarang digunakan. Oleh karena itu, mulai dari sekarang, lumasi antena Anda secara rutin agar dapat berfungsi secara maksimal.

Antena mobil memang merupakan komponen kecil yang sering diabaikan perawatannya. Namun, komponen kecil yang satu ini memiliki fungsi yang penting. Jika antena rusak, maka radio juga tidak dapat berfungsi. Padahal, radiolah yang bisa menjadi hiburan saat Anda mengemudi sendirian.

Berita Lainnya