Tips & Trik

Kelebihan Headlamp Motor Memakai LED

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Headlamp_Suzuki.jpg

Saat ini sudah cukup banyak pabrikan yang memasang Headlamp produk motornya dengan LED. Selain terlihat lebih keren, LED Headlamp ini memiliki kelebihan dibandingkan headlamp yang masih menggunakan bohlam halogen. Apa saja? Simak berikut ini!

  1. LED Headlamp Lebih Awet

Lampu LED sudah terbukti lebih awet dan tahan lama, karena pemakaian daya yang relatif kecil. Mayoritas sepeda motor yang mengaplikasi headlamp LED adalah sepeda motor yang sistem arus kelistrikannya sudah full DC. Kenapa? karena untuk lampu LED butuh arus listrik yang stabil.

  1. LED Headlamp Minim Perawatan

Lampu LED punya usia pakai yang panjang dan sangat jarang headlamp LED diganti. Tidak sama dengan headlamp yang masih memakai bohlam halogen karena sewaktu-waktu bisa putus dan tidak jarang hanya putus salah satu, antara lampu jauh atau lampu dekat.

  1. Sinar LED Headlamp Lebih Terang

Baca Juga : Mengenal Apa Itu Spul Motor dan Fungsinya

Sorotan sinar yang dipancarkan LED Headlamp lebih terang dan cukup jauh cahayanya. Ini karena lampu LED sudah menggunakan arus DC (direct current) sehingga bisa menjadi lebih terang dan stabil. Tidak sama dengan arus AC yang tidak stabil karena masih bergantung pada putaran mesin sepeda motor.

  1. Sinar Juga Lebih Fokus

Tidak hanya lebih terang,cahaya yang dipancarkan oleh LED Headlamp lebih fokus, tidak menyebar ke atas ataupun ke arah berlawanan.

  1. LED Headlamp Punya Efisiensi Lebih Tinggi

Bedanya headlamp LED dan Headlamp bohlam biasa atau halogen ada pada efisiensi. LED punya daya atau watt yang lebih kecil sehinga tidak cepat panas dan tidak membuat reflektor headlamp meleleh.

Baca Juga : Mengenal Penyebab Mobil Overheat yang Harus Segera Diatasi

Itulah kelebihan headlamp motor memakai LED. Semoga informasi ini bermanfaat!

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya