Tips & Trik

Fungsi dan Manfaat Car Seat Bayi yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

PUBLISHED DATE : 30 Juli 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/26__ertiga_(2)1.jpg

Berkendara bersama si kecil membuat para orang tua harus lebih memperhatikan kenyamanan dan keamanan mereka. Car seat bayi menjadi fasilitas tambahan yang harus dimiliki, mengingat mobil-mobil di Indonesia tidak menyediakan fitur ini. 

Fungsi utama dari kursi khusus untuk bayi di mobil ini adalah untuk menempatkan buah hati di tempat yang aman. Apalagi jika Anda harus menyetir sendiri, otomatis tidak memiliki waktu untuk dapat memperhatikan pergerakan mereka. 

Secara umum, ada lima manfaat yang dihadirkan oleh baby car seat sebagai berikut ini. 

  • Menghindari Bayi Mengalami Kecelakaan 

Baca Juga : Keuntungan Memakai Ban Tubeless Untuk Motor Anda

Keselamatan bayi dan anak di dalam mobil adalah hal utama. Adanya tempat duduk sendiri untuk mereka akan menghindari terjadinya kecelakaan yang mengancam keselamatan. 

Hanya mengandalkan safety belt yang dirancang bagi orang dewasa tentu tidak tepat untuk anak. Tempat duduk khusus bayi sudah dirancang secara khusus sehingga pas dengan ukuran tubuh anak. 

Tujuannya pada saat terjadi kecelakaan mobil, resiko anak mengalami cedera akan berkurang. Anak yang berada di tempat duduknya bisa duduk dengan presisi dan tidak mudah terpental ketika terjadi guncangan pada kendaraan. 

  • Menghindari Bayi Terjatuh 

Baca Juga : Peralatan Hand Tools Ini Wajib Dimiliki Pengendara

Risiko berkendara lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua adalah anak terjatuh. Meskipun tidak terjadi kecelakaan, anak yang memiliki gerak aktif akan mudah jatuh dari tempat duduk tanpa pengaman. 

Setiap car seat bayi didesain agar tetap kokoh serta dilengkapi dengan pengaman khusus anak. Jadi meskipun bayi banyak gerak atau Anda yang sedang mengemudi mengerem mendadak, mereka tidak mudah jatuh apalagi terpental. 

Anda pun tidak perlu khawatir lagi akan resiko anak jatuh dan mengalami cedera baik itu ringan maupun berat. 

  • Memberikan Kenyamanan bagi Anak dan Bayi

Baca Juga : Mau Pasang Action Cam di Helm? Ini Posisi yang Paling Tepat

Manfaat dari kursi anak lainnya adalah untuk membuat mereka merasa nyaman. Anak pun tidak mudah rewel karena mereka akan duduk sendiri di atas kursi yang empuk. Ditambah lagi terdapat bantalan yang juga empuk di sisi kanan dan kiri. 

Anak dapat tertidur dengan lebih nyaman dengan bersandar di bantalan kursi yang empuk. Meskipun perjalanan yang ditempuh cukup jauh mereka tetap bisa duduk dengan nyaman. 

  • Membuat Bayi dapat Menikmati Perjalanan 

Selain nyaman, bayi dan anak bisa menikmati perjalanan karena mereka dapat melihat pemandangan di luar. Hal inilah yang membuat bayi tidak mudah rewel karena mereka akan fokus melihat pemandangan. 

Sebagai orang tua, Anda juga bisa mendampingi mereka dengan menjelaskan suasana di luar yang mereka lihat. Hal ini akan membuat perjalanan yang panjang di dalam mobil terasa lebih menyenangkan. 

  • Membuat Ibu juga Nyaman 

Tidak hanya anak saja yang merasa nyaman, para orang tua khususnya ibu juga dapat lebih leluasa bergerak di dalam mobil. Bagaimana tidak, ibu tidak perlu memangku anak dan membuat kaki terasa lelah. 

Ibu bisa mengatur posisi duduk yang lebih nyaman, daripada harus memangku anak selama berjam-jam ketika perjalanan masih jauh. 

26._ertiga__2_(1)

Jenis-Jenis Car Seat Bayi yang Tersedia di Pasaran 

Sebelum Anda memilih kursi untuk bayi di mobil, ketahui terlebih dahulu jenis-jenisnya. Tidak semua kursi sama dan Anda harus memilihnya sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan serta usia anak. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya