Tips & Trik

Mengganti Ukuran Ban Jadi Besar Lebih Baik Daripada Ganti Ban Kecil

PUBLISHED DATE : 11 April 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mengganti_Ukuran_Ban_Jadi_Besar_Lebih_Baik_Daripada_Ganti_Ban_Kecil.jpg

Banyak pengguna sepeda motor yang merasa kurang puas dengan ukuran ban standar pabrikan. Alhasil, mereka pun akan memilih untuk mengganti ban sepeda motornya dengan produk yang sesuai dengan selera mereka.

Ada yang menggantinya dengan ukuran ban yang lebih besar, ada pula yang memilih ukuran ban lebih kecil dari ukuran ban standar pabrikan. Manakah yang terbaik, mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil, atau mengganti dengan ban yang berukuran yang lebih besar?

Perlu diketahui, setiap sepeda motor yang diproduksi telah melewati berbagai proses yang cukup panjang, dari proses riset, hingga proses pengembangan dan pengetesan. Semua itu didapat agar produk yang dirilis sesuai dengan kebutuhan konsumen sesuai dengan target pasarnya.

Baca Juga : Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan Kompresi dan Rasio Kompresi

Selain itu, setiap komponen sudah melewati berbagai uji coba agar kinerjanya lebih maksimal, termasuk ukuran ban sepeda motor yang sudah disesuaikan dengan bobot dan ukuran sepeda motor, dan faktor lainnya yang berhubungan dengan keamanan, dan kenyamanan selama berkendara.

Menggunakan ban dengan ukuran yang lebih kecil memang akan membuat kinerja mesin lebih enteng, sehingga motor pun mampu berlari lebih kencang. Tapi hati-hati, ukuran ban terlalu kecil bisa membuat stabilitas sepeda motor terganggu, dan membuat motor oleng.

Sedangkan ukuran ban yang lebih besar memang membuat motor terasa lebih stabil dan tampilannya jadi lebih sangar. Tapi modifikasi cara ini tetap berisiko, motor akan cepat panas, usia part mesin jadi lebih pendek, dan konsumsi BBM lebih boros karena beban yang lebih tinggi.

Baca Juga : Pengecekan Dasar Yang Harus Dilakukan Oleh Pengendara Kapal Pemula

Maka dari itu, mengganti ban dengan ukuran sesuai dengan standar pabrikan merupakan hal yang paling disarankan. Tapi jika terpaksa harus memilih antara lebih besar atau lebih kecil, maka pilihan ukuran ban yang lebih besar, jauh lebih direkomendasikan.

Tapi ingat, penggantian ini jangan terlalu ekstrem, cukup naik dua tingkat saja. Misalnya, jika ukuran pelek standar lebar 2,75 inci, dengan ban standar 3 inci, maka maksimal ukuran bannya yang bisa digunakan adalah, 3,25 inci, atau setara ukuran ban 100/90. Rumusnya sederhana banget kan?

 

Baca Juga : Karena Lebih Berisiko, Butuh Cara Khusus untuk Berkendara Malam Hari

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya