Tips & Trik

Lengkap, Ini Komponen Karburator Mobil dan Fungsinya

PUBLISHED DATE : 15 September 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/karburator_mobil.jpg

Sebuah komponen karburator yang bentuknya adalah lubang sempit pada tengah jalan masuk udara ke karburator. Fungsinya meningkatkan kecepatan udara karena perbedaan diameter pada lubang. 

Nantinya bensin dalam ruang pelampung dapat terhisap ke ruang bakar melalui pilot jet atau main jet. Naiknya bahan bakar karena adanya tekanan udara pada komponen venturi ini yang kurang dari 1 atm. 

fungsi_karburator_mobil

    7. Main Jet

Sebutan lainnya adalah main nozzle yang jadi saluran utama antara ruang pelampung dengan venturi. Bensin dengan volume ideal akan keluar melalui komponen ini. Ukuran diameternya telah disesuaikan dengan kapasitas mesin. 

Tujuannya agar perbandingan bensin dan udara yang bercampur tetap stabil. Bentuknya seperti jarum dan mengerucut ke bagian bawahnya. Pada saat pedal gas ditekan maka jarum ini akan terangkat dan bahan bakar keluar dan bercampur dengan udara. 

    8. Slow Jet

Komponen karburator ini juga saluran bensin yang terhubung antara ruang pelampung ke intake manifold. Hanya saja fungsinya adalah untuk mengalirkan bensin ketika mobil dalam kondisi idle

Bensin juga akan dialirkan ke dalam idle jet yang letaknya setelah katup gas.  

    9. Idle Jet

Komponen ini berfungsi untuk mengalirkan udara setelah disaring dari filter langsung ke intake manifold tanpa harus melalui katup gas. Perannya sendiri adalah untuk mengatur idle RPM pada mesin. 

    10. Economizer Jet

Fungsi dari economizer jet adalah agar bensin bisa bercampur dengan udara lebih baik atau homogen. Letaknya ada di tengah saluran idle dan hanya bekerja ketika mesin di kecepatan idle

    11. Katup Gas

Jika mobil Anda menggunakan karburator tipe fixed venturi maka bentuk katup gas mirip dengan koin. Fungsinya adalah untuk mengatur seberapa cepat aliran udara masuk. 

Bentuknya yang bulat akan menutup saluran udara di dalam intake. Ketika Anda menginjak pedal gas maka posisi katup menjadi miring dan aliran udara lebih lancar.

    12. Choke Valve 

Bentuk dari komponen ini mirip dengan katup gas dan fungsinya tidak jauh berbeda yaitu menutup saluran udara yang masuk ke mesin. Hanya saja letak dari choke valve adalah sebelum venturi. 

Pada saat katup ditutup maka bensin yang masuk ke dalam ruang pelampung karena hisapan piston akan lebih banyak. Campuran yang terjadi pun akan lebih banyak dan dibutuhkan ketika cold start yakni banyak bensin mengembun pada dinding intake

    13. Throttle Valve 

Istilah lainnya adalah piston valve yang fungsinya untuk mengatur seberapa besar banyak campuran udara ke dalam ruang bakar. Throttle valve akan bekerja bersamaan dengan main jet. 

Ketika komponen ini terbuka maka jarum pada main jet akan terbuka. Perawatan pada komponen ini sangat penting karena paling mudah mengalami kerusakan. 

    14. Jet Needle 

Disebut juga dengan jarum pengabut yang bekerja untuk mengontrol jumlah aliran bahan bakar serta udara. Biasanya digunakan pada karburator berjenis variable venturi dan kecepatan konstan atau jenis CV. 

    15. Screw Control 

Komponen karburator lain yang ukurannya kecil dan terdiri dari dua buah yaitu idle speed air screw serta idle mixture air screw. pada jenis yang pertama akan bekerja mengatur sudut buka tutup dari katup gas ketika di posisi idle

Tujuannya agar katup gas tidak tertutup rapat dan udara tetap bisa lewat. Jenis sekrup yang kedua akan bekerja mengatur besar kecilnya saluran idle jet. Perlu pengaturan supaya campuran bahan bakar serta udara saat mesin idle bisa besar atau kecil. 

Semua komponen karburator ini harus dirawat dengan baik bahkan sampai komponen terkecilnya. Jika salah satu komponen mengalami kerusakan akan mengganggu sistem ruang bakar dan tenaga yang dihasilkan tidak sempurna. 

Oleh karena itu jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen karburator Anda harus segera membawanya ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Kini untuk bisa servis di bengkel Suzuki Anda dapat melakukannya dengan mudah. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya