Tips & Trik

Gearbox: Mengenal Fungsi dan Cara Merawatnya

PUBLISHED DATE : 13 Juli 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/gear_box.jpg

Kecepatan yang dihasilkan oleh motor bukan hanya berasal dari gas, tetapi juga berkat peranan gearbox. Fungsi gearbox sangat penting untuk mengatur cepat lambatnya laju kendaraan.

Dalam sebuah gearbox ada beragam komponen yang akan mendukung kinerjanya supaya motor bisa melaju sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Bayangkan saja jika tidak ada komponen gearbox dalam motor, bagaimana Anda bisa mengatur laju kendaraan? 

Informasi mengenai gearbox dan fungsinya secara detail akan dikupas tuntas di sini lengkap dengan cara merawatnya. 

Apa Itu Gearbox Secara Umum 

Baca Juga : Busi Racing untuk Motor Harian, Amankah?

Gearbox sendiri merupakan sebuah komponen yang dibutuhkan dalam bidang industri atau permesinan. Jadi secara umum penggunaannya tidak terbatas pada motor saja. 

Komponen ini memiliki fungsi utama untuk memindahkan tenaga penggerak pada mesin yang ingin digerakkan. Dua alasan utama mengapa gearbox penting adalah karena berfungsi untuk memperlambat kecepatan putaran dari tenaga dinamo motor atau mesin diesel. 

Alasan kedua adalah untuk memperkuat tenaga putaran yang diperoleh dari diesel atau dinamo. Jadi jika sebuah mesin tidak memiliki gearbox, maka tenaga yang dihasilkan dari mesin diesel atau dinamo motor elektrik tidak bisa dikendalikan. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Air Radiator Sengaja Diberi Pewarna

Selain digunakan pada motor, fungsi gearbox juga diterapkan pada mesin conveyor yang mengangkut barang penumpang di bandara. Kecepatan mesin conveyor bisa diatur melalui gearbox sehingga bisa diperlambat atau dipercepat. 

Pemakaian gearbox secara umum adalah untuk mesin-mesin di pabrik, perikanan, pertambangan dan yang paling banyak dirasakan untuk memperkuat tenaga dari elektrik motor. 

gear

Apa Saja Fungsi Gearbox Pada Motor? 

Baca Juga : Yuk Mengenal Komponen Aki Kering dan Basah

Istilah lain yang digunakan untuk menyebut gearbox adalah Speed Reducer karena memang bisa digunakan untuk menurunkan kecepatan dari daya yang dihasilkan. Lalu bagaimana fungsinya ketika digunakan pada motor? 

Gearbox yang digunakan pada motor juga disebut sebagai transmisi manual. Adanya komponen ini akan menciptakan sistem pemindah tenaga dari daya mesin ke bagian mesin lainnya. Selain itu juga bisa menyesuaikan torsi dari motor yang berputar. 

Seperti apa penjelasan fungsi gearbox secara terperinci bisa Anda simak berikut ini. 

  • Penyalur Tenaga di Mesin Sepeda Motor

Fungsi yang utama adalah untuk memindahkan tenaga atau daya yang sudah dihasilkan mesin pada mesin lain sehingga akan muncul pergerakan atau pergeseran. Dengan begitu sepeda motor yang Anda gunakan bisa bergerak maju. 

Perpindahan tenaga dari mesin dilakukan dari ruang mesin ke bagian roda yang tersambung melalui komponen rantai. Sedangkan pada motor matik tenaga akan disalurkan melalui vanbelt sehingga kedua roda motor akan berputar. 

Pada saat Anda melakukan pengoperan gear, maka gearbox akan bekerja mempercepat atau menurunkan laju kendaraan. Jadi fungsi gearbox di sini sangatlah vital dan tidak bisa dianggap remeh. 

  • Menyesuaikan Daya yang Dihasilkan oleh Mesin

Mengulas bagaimana Anda menambahkan gigi atau menurunkan gigi motor, maka gearbox akan menyesuaikan daya yang sudah dihasilkan oleh mesin. Oleh karena itulah setiap motor memiliki beberapa gigi yang memiliki tingkat kecepatan berbeda. 

Anda bisa menyesuaikan kecepatan dengan mengoper gear dengan menurunkan gas dan mengoper. Maka kecepatan akan berubah sesuai dengan tingkatan gigi yang dimasukkan. Lalu bagaimana dengan motor matik yang notabene hanya menggunakan gas dan rem? 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya